Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Kurang Vitamin B12, Tandanya Bisa Terasa di Tangan dan Kaki

Jumat 27 May 2022 19:09 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Suplemen Vitamin B12 (ilustrasi). Kesemutan, kesulitan berjalan, dan nyeri sendi parah bisa menjadi gejala kekurangan vitamin B12.

Foto:
Kenali gejala kekurangan vitamin B12.

Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut atau tidak dapat diubah, NHS menekankan pentingnya segera menemui dokter jika mengalami gejala defisiensi B12. Semakin lama kondisinya tidak diobati, kian tinggi pula kemungkinan kerusakan permanen.

Kabar baiknya, ada banyak pilihan yang dapat mengatasi kekurangan dan mengisi kembali level tersebut dalam tubuh. Salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kadar vitamin B adalah dengan membuat perubahan tertentu dalam konsumsi makanan sehari-hari.

Dengan memiliki pola makan yang menggabungkan daging, biji-bijian, buah-buahan serta sayuran, itu dapat memastikan keseimbangan baik dan sehat dalam gaya hidup kita. Jika tidak bisa makan daging, telur, atau susu, seseorang masih bisa mendapatkan vitamin B12 dari makanan yang diperkaya atau ragi nutrisi untuk membantu melawan kekurangan tersebut.

"Bagi banyak orang, mengonsumsi suplemen oral mungkin merupakan cara terbaik untuk memastikan asupan yang cukup, mudah dan tidak memerlukan banyak usaha dan waktu dalam gaya hidup kita yang sibuk," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA