Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Harganas 2022 Jadi Momentum Penurunan Stunting Nasional  

Jumat 27 May 2022 20:46 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Muhammad Hafil

 Harganas 2022 Jadi Momentum Penurunan Stunting Nasional. Foto:  Sejumlah ibu menyuapi anaknya dengan makanan yang didapat dari program Gerakan Masyarakat Peduli Anak Stunting (Germas Pas) di Kantor Kelurahan Asemrowo, Surabaya, Jawa Timur. (ilustrasi)

Harganas 2022 Jadi Momentum Penurunan Stunting Nasional. Foto: Sejumlah ibu menyuapi anaknya dengan makanan yang didapat dari program Gerakan Masyarakat Peduli Anak Stunting (Germas Pas) di Kantor Kelurahan Asemrowo, Surabaya, Jawa Timur. (ilustrasi)

Foto: Antara/Didik Suhartono
Harganas 2022 Jadi Momentum Penurunan Stunting Nasional  

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan menggelar puncak acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 dengan tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” pada Rabu (29/6) di Medan, Sumatera Utara. Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti SE.,MT mengatakan, Harganas 2022 menjadi ajang konsolidasi dan koordinasi tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Nantinya kepala daerah berprestasi yang telah berhasil mengendalikan stunting di wilayahnya akan mendapat penghargaan dari BKKBN di acara puncak Harganas 2022.

Baca Juga

“Ada pesan khusus di Harganas 2022 ini, terutama kita jadikan momentum ini untuk berlari cepat mencapai target penurunan stunting 14 persen di tahun 2024. Artinya Harganas 2022 ini adalah salah satu momentum baik untuk meningkatkan program kerja Bangga Kencana secara umum dan khususnya upaya penurunan stunting,” kata Nopian, Jumat (27/5/2022).

Nopian menjelaskan, acara puncak Harganas akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring. Kendati demikian, panitia telah menyiapkan sejumlah alternatif untuk memperbanyak tamu undangan yang hadir di lokasi kegiatan.

“Kita sudah beberapa kali melakukan rapat panitia yang melibatkan unsur mitra atau eksternal kita. Dari persiapan ini kita sudah pada _on the track_ dengan waktu yang singkat ini sebetulnya murni hybrid tapi kita modifikasi sedikit jadi hybrid yang diperluas,” kata Deputi

Nopian pun sangat berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa hadir langsung dalam acara puncak Harganas tersebut.

“Kita berharap betul momen ini Pak Presiden bisa hadir langsung. Beliau kita harapkan berikan wejangan kepada kita semua bagaimana Harganas ini menjadi momentum membentuk keluarga berkualitas,” tutur Nopian.

Harganas 2022 mengusung tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”. Ada empat kegiatan unggulan yang telah diusung BKKBN dalam acara tersebut, yakni Bapak Asuh Anak Stunting, Sepekan Elsimil, Semarak Kampung KB, dan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA).

Harganas 2022 juga menjadi ajang konsolidasi dan kooordinasi bagi tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota dan Provinsi. Nantinya kepala daerah berprestasi yang telah berhasil mengendalikan stunting di wilayahnya akan mendapat penghargaan dari BKKBN di acara puncak Harganas 2022. 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA