Sabtu 28 May 2022 04:11 WIB

Gubernur Sumbar Lantik Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah

Gubernur Sumbar Lantik Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
 Gubernur Sumbar Lantik Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah. Foto:  Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi, meresmikan Museum  Syekh Sulaiman Arrasuli di Simpang Gadung Buya, Jl. Syekh Sulaiman Arrasuli, Jorong Lubuak Aula Nagari Canduang, Koto Laweh, Kabupaten Agam, Kamis (26/5/2022). Peresmian museum tersebut juga menjadi salah satu pendukung penasbihan Syekh Sulaiman Arrasuli menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia.
Foto: istimewa
Gubernur Sumbar Lantik Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah. Foto: Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi, meresmikan Museum Syekh Sulaiman Arrasuli di Simpang Gadung Buya, Jl. Syekh Sulaiman Arrasuli, Jorong Lubuak Aula Nagari Canduang, Koto Laweh, Kabupaten Agam, Kamis (26/5/2022). Peresmian museum tersebut juga menjadi salah satu pendukung penasbihan Syekh Sulaiman Arrasuli menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

IHRAM.CO.ID,PADANG--Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, melantik anggota Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) yang pertama kalinya di Indonesia. Mahyeldi melantik  anggota KDEKS yg terdiri dari Kepala lembaga/instansi dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Sumbar dan Manajemen Eksekutif KDEKS Provinsi Sumbar.

KDEKS ini terdiri dari Ketua Mahyeldi Ansharullah, Wakil Ketua, Audy Joinaldy, Direktur Eksekutif, Ahmad Wira, Wakil Direktur Eksekutif, Muhammad Sobri, Direktur Industri Produk Halal, Jimmi Novrianto, Direktur Jasa Keuangan Syariah, Gusti Candra,  Direktur Keuangan Sosial Syariah, Arwin Al-Ibrahimi, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Endrizal, dan Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah, M Fany Alfarisi.

Baca Juga

"Visi misi yang dicanangkan oleh KDEKS sangat sejalan dengan Visi Misi Sumatera Barat yang menganut prinsip Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)," kata Mahyeldi, Kamis (26/5/2022).

Mahyeldi berharap KDEKS dapat menggerakkan lokomotif pengembangan ekonomi syariah di Indonesia dan menjadi motor penggerak dalam membangun ekosistem ekonomi syariah yang unggul dan berkelanjutan.

 

"Secara khusus, saya meminta kepada KDEKS agar menjadi motor penggerak dalam pembangunan usaha untuk memacu pertumbuhan usaha dan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat. Apalagi Sumbar direncanakan akan menjadi Pusat Industri Halal tahun 2024," ujar Mahyeldi.

Selain itu, Gubernur juga menyinggung terkait dukungan kepada  Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Pemprov Sumbar untuk memenuhi Sertifikasi Halal. Dukungan ini diberikan seiring dengan ditetapkannya  Sumbar sebagai Pusat Industri Halal Nasional di tahun 2024 mendatang.

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Manajemen Eksekutif KNEKS, Sutan Emir Hidayat, mengapresiasi  Kekompakkan dan kerjasama yang solid dari stakeholder terkait, sehingga pembentukan KDEKS Sumbar terhitung cukup cepat dan sangat progresif.

"Kami perwakilan KNEKS menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada stakeholder yang secara intensif  membantu proses penguatan kelembagaan  ekonomi dan keuangan syariah di Sumbar," ujar Emir.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement