Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Pakar Ulas Faktor Kesuksesan Film KKN di Desa Penari

Jumat 27 May 2022 16:55 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Reiny Dwinanda

Poster film KKN di Desa Penari. Sinema arahan Awi Suryadi ini menjadi film horor terlaris.

Poster film KKN di Desa Penari. Sinema arahan Awi Suryadi ini menjadi film horor terlaris.

Foto: Youtube
KKN di Desa Penari menjadi film horor terlaris.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pakar kajian sinema Universitas Airlangga (Unair) Igak Satrya Wibawa mengatakan, kesuksesan film KKN di Desa Penari menjadi momen bagus bagi industri perfilman setelah dua tahun menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Igak menjelaskan, ada beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan KKN di Desa Penari.

Pertama, utas atau thread Twitter yang sempat viral beberapa waktu lalu. Hal itu membuat orang penasaran hingga tujuh juta penonton telah menyaksikannya di bioskop.

Baca Juga

"Utas Twitter sudah tentu berpengaruh karena bagaimanapun orang sudah mengetahui dan memahami utas itu sama halnya dengan novel atau cerpen yang sukses. Bedanya ini adalah sebuah utas," ujarnya, Jumat (27/5/2022).

Faktor kedua, menurut Igak, rasa keingintahuan dan ketidaksabaran penonton untuk mengetahui bentuk visual dari utas viral itu. Apalagi, KKN di Desa Penari sempat menunda penayangannya beberapa kali.

"Ada yang bilang penundaan banyak dari marketing. Sebetulnya tidak juga karena memang momennya "pas". Mereka mau tayang, tapi karena pandemi, jadinya banyak larangan," ujar Igak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA