Jumat 27 May 2022 16:30 WIB

Resmikan KUA Percontohan Ekonomi Umat, Upaya Kemenag Perbaiki Ekonomi Keluarga

Ini merupakan tahap pertama dari total sebanyak 25 KUA Percontohan Ekonomi Umat

Kementerian Agama meresmikan empat KUA dalam program Percontohan Ekonomi Umat, Rabu (25/5/2022).
Foto: Bimas Islam Kemenag
Kementerian Agama meresmikan empat KUA dalam program Percontohan Ekonomi Umat, Rabu (25/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Ditzawa) Kementerian Agama meresmikan empat KUA dalam program Percontohan Ekonomi Umat, Rabu (25/5/2022). Keempat KUA tersebut adalah KUA Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat; KUA Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Timur; KUA Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten; dan KUA Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Babel. 

Kasubdit Edukasi, Inovasi, dan Kerja Sama Zakat dan Wakaf Ditzawa, Wida Sukmawati mengatakan, peresmian ini merupakan tahap pertama dari total sebanyak 25 KUA Percontohan Ekonomi Umat yang telah ditetapkan pada tahun ini. Pada tahun 2021 lalu, Kemenag juga telah meluncurkan program tersebut di 11 lokasi. 

"Ini merupakan langkah awal kita untuk mewujudkan pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis keluarga. Dengan total sebanyak 36 lokasi, KUA Percontohan Ekonomi Umat telah hadir di tiap-tiap Provinsi di Indonesia," ungkap Wida usai menutup kegiatan Workshop Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Umat KUA Kecamatan Cipeundeuy, Rabu (25/5/2022), dalam siaran persnya.

Wida berharap, program KUA Percontohan Ekonomi Umat pada tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Menurutnya, program tersebut sudah melalui persiapan dan proses yang cukup matang dibandingkan tahun sebelumnya. 

 

"Karena tahun lalu, program KUA Percontohan Ekonomi Umat sempat terhambat akibat pandemi Covid-19. Kami turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat untuk menyukseskan program ini," imbuhnya. 

Wida meyakini, melalui sinergisitas antara seluruh stakeholder terkait, program KUA Percontohan Ekonomi Umat dapat dirasakan manfaatnya bagi warga setempat, khususnya dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement