Jumat 27 May 2022 13:08 WIB

Waketum MUI: Buya Syafii Maarif Sosok yang tidak Haus Harta dan Kekuasaan

Semasa hidup Buya Syafii dinilai menjalani kehidupannya dengan berprinsip.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif. Waketum MUI: Buya Syafii Sosok yang tidak Haus Harta dan Kekuasaan
Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif. Waketum MUI: Buya Syafii Sosok yang tidak Haus Harta dan Kekuasaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum MUI Buya Anwar Abbas menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Tokoh Muhammadiyah Buya Syafii Maarif. Menurut Buya Anwar, sosok Buya Syafii merupakan pribadi yang langka yang tak haus harta dan kekuasaan. 

Tak hanya itu, menurut Buya Anwar, sosok Buya Syafii boleh dikatakan sebagai seorang tokoh yang langka karena beliau dikenal sebagai tokoh yang tidak haus dengan harta dan kekuasaan. Bahkan, lanjutnya, Buya Syafii boleh dikatakan terbilang sederhana sehingga banyak orang yang terkejut bila berhadapan dengannya. 

Baca Juga

"Banyak tokoh yang dekat dengan beliau mengingatkan, siapa saja yang ingin bertemu dengan beliau  jangan coba-coba merayu beliau dengan uang dan kemewahan. Barang siapa yang mencoba-coba melakukannya, maka pasti akan kena semprot dari beliau," ujar Buya Anwar kepada Republika, Jumat (27/5/2022). 

Di samping itu, kata Buya Anwar, beliau juga dikenal sebagai tokoh yang tidak haus dengan kekuasaan. Mengiming-imingi beliau dengan itu jelas akan sia-sia dan tidak akan mempan. Semasa hidup Buya Syafii dinilai menjalani kehidupannya dengan berprinsip. Nilai-nilai dari ajaran agamanya tampak sangat kental mewarnai sikap dan kepribadiannya. 

Oleh karena itu, kata dia, bila beliau melihat sesuatu kebenaran, maka beliau tidak takut menentang arus. Bagi beliau apa yang dianggapnya benar maka akan disampaikannya dan kalau dia melihat ada sesuatu yang salah maka akan dikritik dan  diluruskannya. 

"Masalah orang mau atau tidak mau mendengar kata-katanya itu urusan lain. Dan dalam berjuang saya lihat beliau tidak mengenal istilah mutung atau berputus asa," kata dia.  

Bangsa Indonesia berduka atas berpulangnya tokoh bangsa. Buya Prof Ahmad Syafii Maarif wafar pada Jumat (27/5/2022), pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Buya Anwar berharap agar beliau husnul khatimah. 

Dia berharap agar generasi yang berada di bawah Buya Syafii dapat meneladani sikapnya. Demikianlah buya syafii. Dan tentu tidak lupa menyampaikan terima kasih dengan doa semoga semua dosa Buya Syafii diampuni dan semua amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement