Puan Serukan Tindakan Nyata Lakukan Pengurangan Risiko Bencana

Seluruh bangsa harus bertindak lakukan aksi nyata atasi masalah kebencanaan.

Jumat , 27 May 2022, 12:59 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan pentingnya seluruh bangsa untuk bertindak melakukan aksi nyata mengatasi masalah-masalah kebencanaan.

Menurut Puan, pandemi Covid-19 telah menjadi wake up call akan pentingnya upaya dan kerja bersama dalam menghadapi masalah-masalah global. Ia menegaskan bahwa diperlukan upaya bersama dalam menyelesaikan permasalahan seperti kerentanan pangan, energi, air bersih  sanitasi, dan kelestarian alam.

Puan menilai negara-negara di dunia memiliki sikap yang berbeda dalam mengeksploitasi alam sebagai sumber untuk pendapatan negara. Untuk itu, menurut Puan, resiliensi bencana yang berpusat pada manusia (people-centered) dapat dimulai dari membangun kesadaran dan komitmen untuk menjaga kelestarian dan daya dukung alam dan lingkungan hidup. Pada tahap selanjutnya, terdapat pula tuntutan kemauan bersama dalam membangun tata dunia ekosistem industri dan perekonomian yang ramah terhadap lingkungan hidup.

Puan berharap dan percaya konferensi GPDRR akan mampu menghasilkan rumusan yang tepat yang dapat diimplementasikan dalam memperkuat resilience dalam menghadapi bencana dan pembangunan berkelanjutan.

 

 

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Sumber : DPR RI