Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Firli Bahuri Ingin Fokus di KPK, tidak Tertarik Maju di Pilpres 2024

Jumat 27 May 2022 10:56 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Erik Purnama Putra

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen (Purn) Firli Bahuri.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen (Purn) Firli Bahuri.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Fokus berantas korupsi, Firli minta jangan diganggu dengan isu pencapresan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komjen (Purn) Firli Bahuri mengaku, hanya fokus bekerja memberantas korupsi di Indonesia. Hal tersebut merespon munculnya kembali spanduk dukungan terhadapnya untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya selalu katakan dan sudah berulangkali di berbagai kesempatan saya sampaikan bahwa jangan ganggu saya dengan isu capres-pencapresan. Saya fokus kerja untuk memberantas korupsi," kata Firli di Jakarta, Jumat (27/5).

Firli menegaskan, akan terus menyelesaikan tugasnya sebagai pimpinan lembaga antirasuah hingga 2023 mendatang. Mantan kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri itu juga mengajak masyarakat untuk membantu pemberantasan korupsi sehingga Indonesia bersih dari pidana kejahatan luar biasa tersebut.

"Saya hanya ingin indonesia bebas dari korupsi. Mari bersama KPK untuk berantas korupsi dan kita semua tentu menginginkan Indonesia bersih dan bebas dari korupsi," kata Firli.

Dia menyampaikan, KPK terus melakukan tindakan untuk menghentikan dan memberantas korupsi dengan berbagai strategi pendidikan, pencegahan dan penindakan. Firli menuturkan, saat ini, KPK sedang melakukan pendidikan politik cerdas dan berintegritas utk semua parpol, penyelenggara pemilu dan peserta pemilu termasuk para penjabat kepala daerah.

"Pemberantasan korupsi harus melibatkan seluruh kamar kekuasan dan partai politik serta dilaksanakan secara harmoni," katanya.

Sebelumnya, dukungan bagi Firli untuk maju dalam pemilu 2024 kembali muncul. Salah satu spanduk bertuliskan dukungan bagi Firli Bahuri untuk maju dari masyarakat Banten. Sedangkan spanduk lainnya bertuliskan dukungan bagi capres yang getol memberantas korupsi.

"Jika itu dimaksudkan untuk mendukung KPK memberantas korupsi, kami ucapkankan terima kasih. Tapi untuk dipahami bahwa saya tidak terpengaruh dengan isu capres dan pencapresan," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA