Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Raih Kemenangan Ke-300 Grand Slam, Rafael Nadal Berharap Tuah Roland Garros

Jumat 27 May 2022 10:35 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Petenis tunggal putra asal Spanyol, Rafael Nadal.

Petenis tunggal putra asal Spanyol, Rafael Nadal.

Foto: EPA-EFE/RAY ACEVEDO
Nadal petenis tersukses dengan catatan 13 kali juara di Rolland Garros.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Rafael Nadal meraih kemenangan Grand Slam ke-300 dalam kariernya ketika mengalahkan petenis Prancis, Corentin Moutet, 6-3, 6-1, dan 6-4, untuk lolos ke putaran ketiga Prancis Terbuka, di Stade Roland Garros, Kamis (26/5) dini hari WIB. Ia menjadi petenis ketiga dalam sejarah yang mencapai catatan ini setelah dua rivalnya, Novak Djokovic dan Roger Federer.

Petenis asal Spanyol tersebut menjalani musim yang beragam sejauh ini. Performanya menanjak ketika mencatatkan rekor juara Grand Slam ke-21 saat menjadi yang terbaik di Australia Terbuka. Setelah itu, perlahan penampilannya menurun seiring cedera yang dialaminya.

Baca Juga

Cedera kaki degenerative benar-benar menyiksa fisik dan kemampuan Nadal di lapangan. Ia tampak berjuang melawan cedera itu ketika kalah dari Denis Shapovalov di Roma Masters baru-baru ini. Ia sekarang merasa kondisinya lebih baik. Ia juga bertekad mempertahankan hasil bagus yang diraihnya di Rolland Garros.

Raja Tanah Liat itu percaya diri bahwa di Rolland Garros kemampuan terbaiknya akan kembali. Pasalnya, di turnamen tersebut ia menjadi pemain tersukses dengan catatan 13 kali juara. Ia mengakui menghadapi perjalanan tak mudah dalam beberapa bulan terakhir.

Nadal mengalami goncangan mental ketika performanya menurun cepat karena cedera. Usai turnamen Indian Wells, tulang rusuknya bermasalah. Selama cedera ia berusaha latihan setiap hari agar kembali tampil maksimal di lapangan.

"Kemenangan ini sangat membantu. Bermain reli dalam pertandingan seperti malam ini adalah sangat penting sehingga memberi saya kesempatan untuk berlatih lagi besok dan kemudian pertandingan lain setelah besok,” ujar Nadal usai pertandingan dilansir dari Planetsport.

Nadal menegaskan, Prancis Terbuka merupakan turnamen terpenting tahun ini bagi dirinya. Ia akan berusaha melangkah sejauh mungkin. Namun ia tak ingin gegabah mengeklaim akan kembali menjadi yang terbaik.

Nadal akan menghadapi petenis Belanda, Botiv van Zandschlup, di putaran ketiga setelah ia mendapatkan walkover melawan Fabio Foggini yang cedera.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA