Jumat 27 May 2022 07:13 WIB

Pandemi Melandai, Jokowi Ingin Ekonomi Segera Pulih

Presiden membagikan bantuan langsung untuk menjaga daya beli.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham Tirta
Presiden Jokowi.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap perekonomian di Tanah Air dapat segera pulih kembali. Untuk membantu menjaga daya beli masyarakat, Presiden membagikan bantuan langsung kepada para penerima manfaat.

Bantuan tersebut disalurkannya saat mengunjungi sejumlah pasar di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022), kemarin, mulai dari Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, hingga Pasar Harjodaksino. Presiden berharap agar bantuan tersebut dapat meringankan beban para pedagang.

Baca Juga

"Bantuan untuk pedagang, UMKM, untuk PKL di Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, dan juga Pasar Harjodaksino, dan juga untuk para seniman. Dan juga ada tambahan modal untuk mendorong ekonomi pulih kembali," kata Jokowi di Pasar Mojosongo.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Presiden bertemu dan memberikan bantuan untuk pekerja seni di Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Ia berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun.

“Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” kata Jokowi.

Jokowi juga menginginkan agar Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan. “Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” kata dia.

Ia mengatakan, pemerintah akan terus mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan. “Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan mendorong, di mana pun,” kata dia.

Turut hadir mendampingi presiden dalam kunjungan ini antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement