Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Guru Belajar

Kenalkan Dunia Kerja Siswa MAN 1 Sleman Ikuti PKL

Eduaksi | Thursday, 26 May 2022, 22:17 WIB
Dokpri: Foto Siswa praktik perawatan dan perbaikan sepeda motor di BLPT Yogyakarta

Guna mengenalkan dunia kerja dan dunia usaha siswa MAN 1 Sleman mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kepala Madrasah (Kamad) Drs. H. Soir, M.S.I mengatakan PKL bertujuan untuk mengenalkan siswa pada dunia kerja dan usaha. Sehingga ketika mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya mereka tidak canggung dan dapat beradaptasi dengan cepat. “Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) lulusan Madrasah yang berkualitas, memiliki daya saing dan relevansi dengan dunia usaha dan dunia industri,”ungkap Kamad

Sementara itu Drs. H.Gunarta, M.Pd. Ketua program keterampilan mengatakan bahwa kecakapan dan keterampilan vokasi tidak hanya diperoleh melalui proses pembelajaran teori - praktik di kelas, namun siswa perlu melaksanakan PKL di lembaga atau dunia industri. PKL merupakan bagian dari program wajib untuk keterampilan yang diikuti siswa.

“Pelaksanaan program ini sesuai SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5466 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Pembelajaran MA Plus Keterampilan,” terang Gunarta ketika meninjau peserta PKL di BLPT Yogyakarta, Rabu (25/5/2022).

Lulusan Madrasah aliyah diharapkan memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang vokasi/keterampilan tertentu. Madrasah Plus Keterampilan pada hakekatnya merupakan Madrasah Aliyah yang menyelenggarakan program tambahan keterampilan sebagai salah satu mata pelajaran pilihan. Seiring dengan perkembangan zaman maka perlu disiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu para siswa perlu diasah dan dibimbing agar terampil dan bisa berkembang sesuai kebutuhan dunia kerja di era teknologi.

Adapun lokasi PKL selengkapnya adalah program keterampilan Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor, Teknik Desain dan Produk Furniture, Teknik Komputer &Jaringan dan Teknik Multimedia melakukan PKL di BLPT Yogyakarta. Program Keterampilan Tata Busana berlangsung di LPK Nita Busana. Sedangkan program keterampilan Tata Boga dilaksanakan di Grand Serela Hotel Yogyakarta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image