Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

5 Jenis Pengobatan Tradisional yang Sampai Sekarang Masih Eksis

Info Terkini | Thursday, 26 May 2022, 16:50 WIB
Sumber gambar: pexels.com/RODNAE-Productions

Pada negara maju dan moden memang sangat terkenal mengenai beberapa obat tradisional. Secara garis besar di dunia ini menjadikan dua jenis pengobatan yaitu medis dan non medis.

Untuk pengobatan non medis mempunyai jenis yang bermacam-macam dan salah satunya adalah pengobatan tradisional. Sampai dengan saat ini ada beberapa pengobatan tradisional yang tetap masih eksis.

Pengobatan tradisional yang sudah lama berlangsung di dunia dapat dijadikan sebagai bukti bahwa dunia modern masih membutuhkan hal tersebut. Bahkan, tidak jarang lagi bahwa pengobatan tradisional lebih manjur.

Jenis Pengobatan Tradisional yang Masih Eksis Sampai dengan Sekarang

Seperti sudah disebutkan diatas ada beberapa jenis pengobatan tradisional yang masih selalu eksis. Untuk beberapa jenis pengobatan tradisional yang dapat digunakan adalah:

1. Bekam

Pastinya anda sudah tidak heran lagi ketika mendengar bekam. Untuk metode pengobatan kali ini sudah sangat terkenal dan populer di dalam agama islam. Cara kerja dari bekam sendiri adalah mengeluarkan darah kotor yang ada di dalam tubuh.

Ada beberapa titik tubuh tertentu yang akan ditusuk dengan jarum steril agar darah dapat keluar dari pori-pori tersebut. Selain itu, proses pengobatan tradisional bekam ini juga dibantu dengan alat isap yang berbentuk bola kecil yang dibelah.

Sampai dengan sekarang pengobatan tradisional bekam bisa dipercaya untuk mencegah dan mengobati penyakit berat seperti darah tinggi dan stroke. Sekarang ada beberapa model pengobatan tradisional bekam yang praktis.

2. Akupunktur

Pengobatan tradisional yang selanjutnya bisa dengan melakukan akupuntur. Untuk pengobatan tradisional jenis kali ini juga menggunakan tusukan jarum di beberapa bagian tubuh tertentu.

Pastinya untuk penusukan jarum di tubuh harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional di dalam bidangnya. Akupuntur adalah salah satu jenis pengobatan tradisional yang berasal dari Negara Tiongkok.

Jenis pengobatan tradisional kali ini juga sudah mempunyai usia ribuan tahun. Bahkan untuk cara kerjanya juga sangat mudah yaitu memperbaiki sistem peredaran darah dan juga saraf.

3. Gurah

Terapi gurah adalah pengobatan tradisional yang berasal asli dari Indonesia. Untuk pengobatan jenis kali ini sudah mempunyai usia ratusan tahun lamanya. Melakukan gurah mempunyai tujuan untuk mengeluarkan lendir dan kotoran yang ada di saluran pernapasan dari tenggorokan sampai dengan paru-paru.

Ada salah satu jenis penyakit yang bisa diobati dengan cara gurah yaitu sinus atau pilek akut. Selain itu, untuk pengobatan tradisional ini banyak dilakukan untuk para penyanyi dan atlet supaya memperkuat pernapasan.

4. Kerokan

Pengobatan tradisional kali ini pastinya sudah tidak asing lagi didengar bagi kalangan masyarakat. Akan tetapi jangan sepelekan untuk cara yang satu ini, karena juga banyak orang yang cocok dengan metode tersebut.

Untuk melakukan metode pengobatan tradisional kali ini sangat mudah dan murah, karena hanya membutuhkan koin serta minyak kayu putih. Bahkan anda tidak perlu malu ketika tubuh ada garis merah yang paling terpenting masuk angin dan kembung bisa sembuh.

5. Refleksi

Pengobatan tradisional yang paling akhir adalah refleksi. Untuk pengobatan kali ini juga banyak disukai oleh kalangan masyarakat, karena dapat memberikan efek relaksasi.

Cara pengobatannya adalah bisa melakukan pijatan di beberapa titik kaki, tangan dan tubuh supaya dapat memperlancar peredaran darah dan sistem saraf. Salah satu manfaat ketika melakukan pengobatan tradisional jenis ini adalah dapat meredakan pikiran stress.

Saat ini sendiri, jenis refleksi ini dapat ditemukan dengan mudah di pencarian internet melalui sejumlah keyword seperti pijat refleksi, pijat panggilan Semarang dan lainnya.

Masih banyak jenis pengobatan tradisional yang tidak bisa dijelaskan satu persatu di kesempatan kali ini. Akan tetapi, ketika ingin melakukan pengobatan tradisional anda bisa memilih salah satu jenis yang menurut anda paling nyaman.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image