Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Manfaat Fantastis Tempe Bagi Kesehatan

Kamis 26 May 2022 18:01 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Manfaat fantastis mengunsumsi tempe bagi kesehatan. (Ilustrasi)

Manfaat fantastis mengunsumsi tempe bagi kesehatan. (Ilustrasi)

Foto: Wikipedia
Tempe menyediakan beberapa kalsium dan merupakan sumber zat besi yang sangat baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tempe mengandung protein nabati serbaguna. Terlepas dari popularitasnya yang relatif baru sebagai pengganti daging dalam masakan barat, tempe sudah ada selama ratusan tahun di Indonesia.

Dilansir di Realsimple pada Kamis (26/5/2022), tempe pada dasarnya berkaitan dengan fermentasi kedelai. Tempe berisi potongan kedelai yang terlihat dan memiliki konsistensi yang hangat. Tidak hanya serbaguna, Anda dapat membelinya di sebagian besar toko makanan alami atau membuatnya sendiri.

Berikut lima manfaat makan tempe untuk kesehatan:

1. Pembangkit tenaga protein nabati

Protein ditemukan di kulit, rambut, dan kuku Anda. Untuk membantu mengangkut oksigen dalam darah, protein berperan penting menjaga tubuh yang sehat dan berfungsi.  

Protein dalam tempe hampir sebanyak steak tetapi lebih mudah di ginjal Anda dibandingkan mengonsumsi protein hewani. Protein tinggi dalam tempe juga membantu rasa kenyang yang membuat Anda bertenaga sehingga tidak akan makan camilan satu jam setelah makan.

2. Mengandung zat besi, kalsium, kalium dan magnesium 

Tempe menyediakan beberapa kalsium dan sumber zat besi yang sangat baik. Tempe adalah nutrisi yang dibutuhkan vegetarian.

Diet kaya zat besi membantu menciptakan hemoglobin yang merupakan cara sel darah merah mampu membawa oksigen. Tempe juga kaya akan potasium, fosfor, dan magnesium. Semua mikronutrien yang mendukung berbagai sistem termasuk sistem peredaran darah dan saraf Anda.

3. Sumber serat yang fantastis

Seperti kebanyakan protein nabati, tempe mengandung banyak serat untuk membantu Anda kenyang lebih lama. Anda mendapatkan tujuh gram serat per porsi, menjadikan tempe sebagai sumber yang sangat baik. 

4. Dikemas dengan probiotik

Makanan fermentasi seperti kimchi dan kefir sangat bagus untuk kesehatan usus. Tempe termasuk dalam kategori ini. Sebagai salah satu makanan fermentasi paling sehat yang bisa Anda makan, tempe membantu meningkatkan flora usus yang baik, yang dapat membantu melawan peradangan dan kondisi kesehatan yang lebih serius seperti obesitas.

Sistem kekebalan Anda sebagian besar ditempatkan di usus dan setelah sakit, saluran pencernaan Anda bisa terpukul. Mengonsumsi makanan fermentasi dapat membantu Anda tetap sehat secara keseluruhan

5. Untuk menyehatkan jantung

Dengan senyawa fitokimia seperti isoflavon dan lesitin, serta serat yang menyehatkan jantung, mengonsumsi produk kedelai seperti tempe dapat berdampak sehat pada kolesterol Anda. Hasil dari tiga studi kohort prospektif yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menunjukkan, mereka yang makan produk kedelai setidaknya sekali sepekan menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 18 persen. Sifat menurunkan LDL atau kolesterol jahat tempe juga mendukung kesehatan ginjal.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA