Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Film Top Gun: Maverick Dapat Ulasan Sangat Positif dari Kritikus Film

Kamis 26 May 2022 17:24 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Film Tom Cruise, Top Gun: Maverick, mendapatkan ulasan sangat positif dari kritikus film (ilustrasi)

Film Tom Cruise, Top Gun: Maverick, mendapatkan ulasan sangat positif dari kritikus film (ilustrasi)

Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Top Gun: Maverick mendapat skor 97 persen di Rotten Tomatoes.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES --  Kembalinya aktor Tom Cruise pada peran ikonik Pete “Maverick” Mitchell di film Top Gun: Maverick berhasil mendapatkan ulasan yang sangat positif. Sekuel Top Gun ini datang 36 tahun setelah film aslinya yang dirilis pada 1986. Namun hal itu tidak menyurutkan antusiasme Cruise untuk kembali ke kokpit F-14 Tomcat.

Sebetulnya, produksi sekuel dimulai pada 2010, namun kematian tragis sutradara Tony Scott membuat proyek tertunda. Kemudian Joseph Kosinski dipercaya menggantikan posisi Scott dan duduk di kursi sutradara. Sementara di sisi produksi, Top Gun: Maverick mengalami penundaan yang signifikan karena pandemi Covid-19, perilisan ditunda beberapa kali sebelum akhirnya ditetapkan pada 27 Mei 2022.

Cruise memiliki beberapa film yang dikecam oleh para kritikus dalam beberapa tahun terakhir, namun lewat sekuel Top Gun, sang aktor seolah kembali bersinar. Meskipun ada beberapa yang mencela, dilansir di laman Screen Rant, Kamis (26/5/2022) mayoritas kritikus memuji film tersebut, misalnya di Rotten Tomatoes mendapat skor 97 persen.

Media seperti Screen Rant, Vanity Fair, dan Collider termasuk di antara mereka yang memberikan ulasan positif setelah menonton film berdurasi dua jam 17 menit tersebut. 

"Top Gun: Maverick dinilai sebagai sekuel langka yang tidak hanya lebih baik dari aslinya tetapi juga membuat cerita Top Gun menjadi lebih dalam,” demikian kata Screen Rant.

"Selama 130 menit, perasaan tegang dan keramahan tersaji di dalamnya, memberikan bentuk yang menarik,” demikian menurut Vanity Fair.

"Top Gun: Maverick bisa melakukan lebih baik dari film asli, dan mungkin menjadikannya sebagai salah satu sekuel terkeren yang pernah diproduksi,” kata Collider.

Cruise tidak diizinkan untuk menerbangkan F-18 Super Hornet sendiri. Namun dia dibolehkan mengemudikan beberapa pesawat lain dalam film tersebut. 

Adegan penerbangan dan teknologi IMAX yang digunakan pada film tersebut semuanya mendapat pujian yang tinggi. Pencapaian teknis dan artistik dari para pemain dan kru secara mencolok ditampilkan dalam banyak ulasan, yang merupakan tanda yang menggembirakan bagi kekuatan Top Gun: Maverick baik sebagai tontonan yang mendebarkan maupun cerita yang mengasyikkan.

Tentu saja, tidak semua ulasan positif. Meskipun mayoritas memuji film tersebut, beberapa ulasan negatif masih mengatakan bahwa ini adalah tontonan yang menarik, namun tidak sebagus film aslinya.

Jadi secara keseluruhan ada konsensus yang cukup kuat bahwa Top Gun: Maverick memberikan sensasi sinematik dan drama yang mengasyikkan, meskipun, banyak ulasan mengklaim itu lebih dari sekadar nostalgia. Meskipun ulasan kritikus selalu subjektif, tampaknya adil untuk mengatakan bahwa sebagian besar penonton bioskop, terutama penggemar film aslinya, akan menikmati Top Gun: Maverick.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA