Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Kominfo Akselerasi Transformasi Digital UMKM Depok

Kamis 26 May 2022 16:05 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Pemilk sentra kerajinan batik memotret produk Batik Ajbura Tradjumas miliknya di Depok, Jawa Barat,. Pelaku UMKM kini semakin banyak yang terhubung ke dalam ekosistem digital. (ilustrasi)

Pemilk sentra kerajinan batik memotret produk Batik Ajbura Tradjumas miliknya di Depok, Jawa Barat,. Pelaku UMKM kini semakin banyak yang terhubung ke dalam ekosistem digital. (ilustrasi)

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
UMKM sudah dibagi menjadi empat kelas atau kategori dan perlu melek teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan akselerasi transformasi digital usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Depok, Jawa Barat, dengan memberikan berbagai pelatihan. Pelatihan tersebut adalah Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Government Transformation Academy (GTA), dan Thematic Academy (TA) yang dihelat untuk kedua kali.

"Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Rencana Kerja Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Digital antara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata Kepala Balitbang SDM Kemkominfo Hary Budiarto dalam keterangannya, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga

Kegiatan tersebut katanya merupakan pelaksanaan dari instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan akselerasi transformasi digital. Saat ini tatap muka dilakukan melalui suatu media, yang dinamakan media digital, yang berdampak terhadap semua sagmen masyarkat baik pengusaha, ASN, maupun industri. Ia menjelaskan, kini UMKM sudah dibagi menjadi empat kelas atau kategori. Di mana para pelaku UMKM ini memperoleh pelatihan DEA. 

Pertama adalah tingkat pemula, mereka diajarkan tentang cara memanfaatkan pengantara. Kedua dinamakan observer, di mana para pemula sudah dilatih untuk menggunakan /marketplace. "Ketiga adopter, jadi UMKM yang mampu mengadop teknologi digital. Keempat, leader, kalau sudah sampai tingkat empat, para pelaku usaha ini bisa memberikan pelatihan kepada yang lainnya," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA