Kamis 26 May 2022 16:02 WIB

Astra International dan FIFGROUP Salurkan Dana Sosial Syariah Rp 1,9 Miliar

Sebesar Rp 1,9 miliar dana sosial syariah FIFGROUP disalurkan kepada lebih 550 UMKM.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Astra International dan FIFGROUP salurkan dana sosial syariah Rp 1,9 miliar kepada 550 UMKM. (ilustrasi)
Foto: www.inilahjabar.com
Astra International dan FIFGROUP salurkan dana sosial syariah Rp 1,9 miliar kepada 550 UMKM. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Federal International Finance (FIFGROUP), salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk bidang pembiayaan menyalurkan bantuan modal yang berasal dari dana sosial syariah, berfokus pengembangan UMKM. Pada tahun ini, sebesar Rp 1,9 miliar dana sosial syariah FIFGROUP disalurkan kepada lebih 550 UMKM.

Environment and Social Responsibility (ESR) Division Head Astra International Diah Suran Febrianti mengatakan bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM dengan baik.

Baca Juga

Perjalanan UMKM binaan FIFGROUP bermula sejak 2016 dengan 26 UMKM dengan nominal bantuan Rp 65 juta, kemudian dilanjutkan berurutan pada 2017 terdapat 35 UMKM dengan nominal bantuan Rp 124,5 juta, pada 2018 terdapat 67 UMKM dengan nominal bantuan Rp 152,5 juta, pada 2019 terdapat 97 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp 298 juta, 2020 terdapat 54 UMKM dengan nominal bantuan Rp 206,5 juta, dan 2021 terdapat 524 UMKM dengan nominal Rp 1,467 miliar.

“Total sejak 2016 sampai dengan 2021, UMKM yang menerima bantuan sebanyak 803 UMKM dengan total dana yang digulirkan lebih dari Rp 2,31 miliar,” ujarnya, Kamis (26/5/2022).

Menurutnya pada tahun ini target FIFGROUP sebanyak 550 UMKM dengan total dana bantuan sebesar Rp 1,9 miliar, sehingga total penerima bantuan dana bergulir sebanyak 1.353 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp 4,2 miliar.

“FIFGROUP berupaya hadir di tengah para pelaku usaha UMKM agar dapat terus bergerak dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ucapnya.

Diah menyebut dalam kegiatan dana bergulir ini, FIFGROUP tetap melakukan pemantauan terhadap tingkat kesehatan UMKM dengan index current rate, yaitu persentase kelancaran pengembalian dana yang dibayarkan tidak melebihi tanggal jatuh tempo pada bulan berjalan. Adapun target current rate sebesar 93,5 persen dan current rate UMKM FIFGROUP berada angka 99,1 persen, artinya hampir seluruh UMKM ini sehat dan berkomitmen untuk mengembalikan dana bergulir dengan tingkat pengembalian yang relatif tinggi.

“Tahun ini, FIFGROUP mengadakan program Repeat Order (RO) bagi setiap UMKM yang sehat, dengan diberikan kesempatan untuk mendapat dana pinjaman yang sama atau penambahan yang lebih besar dari sebelumnya. Secara aktual, FIFGROUP membuka program ini bagi 550 UMKM, per hari ini sudah lebih dari 555 UMKM yang mengajukan dan sebanyak 48 persen atau 270 UMKM adalah UMKM RO,” ucapnya.

Adapun kriteria bagi UMKM New yang diberikan program dana bergulir antara lain usaha sudah berjalan satu tahun, bersedia melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, penyaluran Rp 5 juta sampai Rp 25 juta dengan jangka waktu 12 bulan, 24 bulan dan 36 bulan (lima sampai 10 UMKM), tidak sedang menerima program yang sama dari lembaga lain, karakter baik, kooperatif, mau berkembang dan ingin maju dalam usahanya, bersedia mengikuti webinar pelatihan dari FIFGROUP, dan kriteria UMKM RO, sama dengan yang disebutkan di atas namun ditambahkan UMKM pada saat program dana bergulir 2021 memiliki record pengembalian dana yang tepat waktu.

Pada program Astra dan yayasan di bawah Astra sebagai rangkaian perayaan hari ulang tahunnya yang ke-33 tahun pada Mei 2022, FIFGROUP berkolaborasi dengan ESR Astra, serta yayasan di bawah Astra  antara lain Yayasan Dharma Bakti Astra, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, dan Yayasan Astra Honda Motor, serta Yayasan Amaliah Astra, berupa pengembangan dan pembinaan UMKM dengan cara mencari UMKM yang memiliki semangat dan motivasi tinggi dapat maju, memberikan bimbingan secara langsung baik melalui webinar maupun juga dengan monitoring keuangan setiap UMKM.

“Harapannya bisa menumbuhkan UMKM bangkit dan kemudian berhasil, sehingga suatu hari nanti akan naik kelas. Lebih dari 15ribu UMKM binaan Grup Astra dan 2,5 juta masyarakat sudah merasakan dampak dari setiap program Astra dan menjadi bukti nyata kontribusi Astra bagi Indonesia,” ucapnya.

Ketua Pengurus Dharma Bhakti Astra, Sigit P Kumala menambahkan terselenggaranya kolaborasi pengembangan dan pembinaan UMKM hari ini. “Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat mewujudkan cita-cita para pelaku UMKM supaya bisa naik kelas dan menjadi UMKM yang sehat,” ucapnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim, Herawati Prasetyo menyampaikan supaya para pelaku UMKM dapat menjadi generasi yang mandiri dan dapat menjadi UMKM di daerah masing-masing. Ketua Yayasan Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin mengatakan UMKM yang berada di bawah binaan YAHM menjadi usaha yang sehat dan sangat terbantu dengan adanya program dana bergulir ini. Ketua Pengembangan Usaha Amanah Astra, Tira Ardianti, menyampaikan dana bergulir sangat membantu UMKM di bawah binaan Yayasan Amaliah ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement