Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Usai Korut Luncurkan Rudal, AS dan Jepang Terbangkan Jet Tempur

Kamis 26 May 2022 15:57 WIB

Rep: ferginadirabach/ Red: Hiru Muhammad

Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut

Infografis Kim Jong Un Intensifkan Uji Coba Rudal Korut

Foto: Associated Press
Rudal Korut diperkirakan mampu terbang 15 ribu kilometer yang mampu menjangkau AS

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Militer Amerika Serikat (AS) dan Pasukan Bela Diri Jepang menerbangkan jet tempur bersama di atas Laut Jepang pada Kamis (26/5/2022). Langkah ini dilakukan untuk menunjukkan kekuatan  Korea Utara (Korut) menembakkan tiga rudal ke perairan yang memisahkan Jepang dan Semenjanjung Korea. "Latihan itu dimaksudkan untuk menunjukkan kemampuan gabungan untuk mencegah dan melawan ancaman regional," kata militer AS.

Dua pejabat AS yang meminta tidak menyebutkan namanya juga mengatakan, bahwa Jepang dan AS ingin menunjukkan tekad gabungan mereka setelah peluncuran rudal terbaru Korut. Jepang mengatakan, penerbangan bersama terdiri dari delapan pesawat dari pangkalan di Jepang termasuk empat jet F-16 Amerika dan empat pesawat tempur F-15 Jepang.

Baca Juga

Korut pada Rabu (24/5/2022) memicu ketegangan baru di Asia Timur ketika menembakkan tiga rudal ke Laut Jepang beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden meninggalkan Tokyo. Di Tokyo Biden bertemu dengan para pemimpin dari Jepang, India dan Australia.

Salah satu rudal, menurut pejabat Korea Selatan, tampaknya adalah rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar Pyongyang. Rudal itu diperkirakan memiliki jangkauan sekitar 15 ribu kilometer, cukup untuk mencapai AS. Pasukan militer AS dan Korea Selatan juga melakukan uji tembakan langsung gabungan. Itu termasuk uji coba rudal permukaan-ke-permukaan, setelah provokasi terbaru Korut.

 

 

 

sumber : reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA