Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Belum Terpecahkan, 5 Film Ini Diangkat dari Kisah Misteri Nyata

Kamis 26 May 2022 12:13 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

film The Irishman

film The Irishman

Belum Terpecahkan, 5 Film Ini Diangkat dari Kisah Misteri Nyata

VIVA – Kasus kriminal dan misteri kerap berjalan beriringan. Dalam kasus kriminal, tahap investigasi bisa menjadi menarik. Di sisi lain, kasus pun malah membuat frustasi lantaran adanya ‘kejutan’, petunjuk palsu, atau kesimpulan yang salah. Tak jarang pula pelaku kriminal tidak ditemukan hingga kasusnya terus menjadi tanda tanya sepanjang waktu. 

Dengan kasus yang masih menjadi misteri, justru membuat rumah produksi dan produser tertarik untuk mengangkatnya ke sebuah film. Sampai saat ini film berdasarkan kisah misteri nyata masih digemari oleh segelintir orang. 

Situasi ini mungkin disebabkan penonton film merasa ikut andil dalam memecahkan kasus, seolah-olah menjadi detektif walaupun berujung belum terselesaikan.

Dilansir dari video dalam kanal YouTube WatchMojo.com yang diunggah pada 2 Mei 2022, berikut 5 film berdasarkan kisah misteri nyata yang belum terpecahkan.

The Black Dahlia (2006)

 

The Black Dahlia diangkat dari kasus pembunuhan Elizabeth Short pada tahun 1947. Kasusnya ramai diperbincangkan karena jenazahnya ditemukan sangat mengerikan, terbelah dua di pinggang. Sampai saat ini pelaku pembunuhannya belum ditemukan. 

The Strangers (2008)

 

Film ini mengisahkan Kristen (Liv Tyler) dan James (Scott Speedman) yang sedang berlibur di sebuah villa diganggu oleh tiga penjahat bertopeng yang masuk ke villa. Kisah dari The Strangers berdasarkan pada kasus pembunuhan Sharon Tate yang dilakukan oleh Manson Family pada tahun 1969.

The Irishman (2019)

 

Film yang digarap oleh Martin Scorsese dan De Niro menceritakan mafia bernama Teamster yang diketuai oleh Jimmy Hoffa. Teamster bekerja sama melakukan pembunuhan dengan menyuruh seorang sopir truk bernama Frank Sheeran. Divonis sebagai tersangka, Jimmy Hoffa kabur dan hingga sekarang tak ada yang mengetahui keberadaannya.

The Entity (1982)

 

Makhluk tak kasat mata pun dapat menyerang seseorang secara seksual. Kisah ini yang menginspirasi film The Entity. Mengisahkan Carla Moran yang terus diganggu oleh makhluk halus sampai ia memutuskan untuk memanggil tim parapsikolog untuk membersihkan rumahnya dari entitas. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama berdasarkan kisah nyata seorang wanita bernama Doris Blither.

Zodiac (2007)

 

Zodiac adalah seorang pembunuh berantai yang meneror California Utara pada tahun 1960-an. Tersangka bahkan mengejek polisi dengan serangkaian surat yang dikirim ke kantor berita. Surat-surat itu berisi ancaman, pengakuan bersalah, dan teka-teki berupa kriptogram.

Polisi bahkan sampai frustasi melacak keberadaan Zodiac sampai akhirnya seorang kartunis dari San Francisco Chronicle berhasil memecahkan salah satu teka-teki dari Zodiac. Awalnya tidak ada yang percaya dengan hal tersebut hingga reporter kriminal Paul Avery menyadarinya.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA