Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Son Heung-min Jadi Inspirasi Hwang Hee-chan

Kamis 26 May 2022 06:10 WIB

Red: Israr Itah

Hwang Hee-chan dari Wolverhampton Wanderers merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Wolverhampton Wanderers di Stadion Emirates, London, Kamis, 24 Februari 2022.

Hwang Hee-chan dari Wolverhampton Wanderers merayakan setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Arsenal dan Wolverhampton Wanderers di Stadion Emirates, London, Kamis, 24 Februari 2022.

Foto: AP/Ian Walton
Hwang menjalani musim pertama yang tidak konsisten bersama Wolverhampton Wanderers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Korea Selatan Hwang Hee-chan berharap pencapaian striker Tottenham Hotspur Son Heung-min yang memenangkan Sepatu Emas Liga Primer dapat menginspirasinya dalam meningkatkan level permainannya ke tingkat yang sama. Sebab, Hwang menjalani musim pertama yang tidak konsisten bersama Wolverhampton Wanderers.

Son menjadi pemain Asia pertama yang memenangkan trofi pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris dan dia berbagi penghargaan ini dengan penyerang Liverpool Mohamed Salah setelah keduanya mencetak 23 gol musim ini. Itu berbalik 180 derajat dengan debut Hwang bersama Wolves yang hanya mencetak lima gol Liga Primer Inggris setelah awal yang mengesankan menyusul kepindahannya dalam status pinjaman dari RB Leipzig pada Agustus.

Baca Juga

"Saya bangga dengan caranya mewakili negara, ketika hanya ada sedikit pemain Asia (di Liga Primer)," kata Hwang tentang sang kapten timnas Korea Selatan itu seperti dikutip Reuters, Rabu (25/5/2022).

Hwang mengatakan, setiap kali melihat Son, itu memotivasinya untuk bermain dengan level sama. Ia mengaku gembira jika bisa meningkatkan kemampuan dan menyaingi rekor Son. Ia memperkirakan banyak pemain sepak bola menganggap Soan panutan mereka, dan ia sangat menghormatinya sebagai sesama atlet.

"Karena kami bermain di liga yang sama, saya mengucapkan selamat kepada dia setiap kali dia mencetak gol, tetapi pada saat yang sama, saya sendiri ingin bermain lebih baik. Saya tak ingin cuma bilang, 'Dia hebat,' dan cuma berhenti di situ," kata Hwang'.

Hwang mencetak empat gol dalam enam pertandingan liga pembukanya untuk tim asuhan Bruno Lage dan ini memicu Wolves mempermanenkan dia Januari silam. Namun Hwang kemudian hanya bisa mencetak satu gol selama sisa musim.

"Semua atlet mengalami kemerosotan, dan cara Anda mengatasi hal itu sangatlah penting," kata Hwang. "Saya selalu mengagumi cara Heung-min membungkam kritik. Dia memberikan teladan bagus untuk diikuti."

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA