Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Sultan Ragukan Tol Yogya-Solo Selesai 2024

Rabu 25 May 2022 21:39 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Ilham Tirta

Proses pembangunan Tol Yogyakarta-Solo.

Proses pembangunan Tol Yogyakarta-Solo.

Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Salah satu masalah yang dihadapi adalah pengadaan lahan yang belum merata.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pengerjaan Tol Yogyakarta-Solo terus berlanjut. Meskipun begitu, Sultan meragukan proyek Tol Yogyakarta-Solo ini akan rampung pada 2024, mendatang.

"Sudah tidak mungkin selesai di 2024, mungkin 2024 (pembangunannya) baru sampai Prambanan atau sampai Yogya," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga

Hal ini dikarenakan pengadaan lahan yang belum merata. Sultan menyebut, pengerjaan tol ini dimulai dari timur, yakni Solo. "Karena pembebasan kan dua tahun, 2020 sampai 2022 kan relatif pembebasan tanahnya belum merata, yang banyak kan di sebelah timur, tapi dilanjutkan," ujar Sultan.

Saat ini, pengadaan lahan pun masih terus berlanjut. Pengadaan lahan ini, katanya, diperkirakan baru akan selesai bulan depan. "Mungkin 2024 sudah sampai Prambanan sudah lumayan karena dua tahun kan stuck," jelasnya.

Terkait Tol Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA), Sultan menyebut Izin Penetapan Lokasi (IPL) sudah diterbitkan. Namun, baru sebagian yang IPL-nya sudah diterbitkan. "Ini harapan saya sudah bisa jalan karena sudah clear hari Rabu pekan lalu," kata dia.

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA