Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

6  Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Diet Sehat 

Kamis 26 May 2022 05:20 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh indah dengan cara sederhana (Ilustrasi makanan diet sehat)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh indah dengan cara sederhana (Ilustrasi makanan diet sehat)

Foto: Flickr
Cara memasak juga mempengaruhi diet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam lingkungan yang dinamis dan serba cepat saat, berpegang teguh pada diet seimbang terkadang menjadi tantangan. Namun, diet sehat dapat dilakukan, tidak peduli betapa sulitnya hal itu.

Diet kaya sayuran dan buah-buahan telah terbukti secara ilmiah menawarkan beragam manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit kronis dengan memastikan tubuh Anda dalam kondisi yang baik. Dilansir dari suffolknewsherald pada Selasa (24/5), berikut ini adalah rekomendasi makanan untuk diet sehat:

Baca Juga

1. Pilih Makanan Gandum utuh, bukan olahan

Anda dapat dengan mudah memperbaiki pola makan Anda dengan beralih ke roti gandum daripada roti gandum olahan. Konsumsi biji-bijian olahan telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan.

Biji-bijian utuh terkait dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Biji-bijian utuh menawarkan sumber serat, vitamin B, dan mineral yang baik seperti seng, zat besi, mangan dan magnesium.  

 

2. Makan Telur Saat Sarapan

Telur memiliki banyak nutrisi terutama bila dikonsumsi di pagi hari. Telur memiliki tinggi protein berkualitas tinggi dan elemen penting seperti kolin. Ini bisa sangat membantu jika Anda mencoba menurunkan berat badan.  Akibatnya, hanya mengganti sarapan Anda saat ini dengan telur dapat memberikan manfaat kesehatan yang cukup besar.

3. Tingkatkan Asupan Protein 

Protein dikenal sebagai "Raja Nutrisi."  Ini biasanya dianggap sebagai nutrisi makro yang paling lengkap karena kemampuannya untuk mempengaruhi hormon nafsu makan dan rasa kenyang.  

Pada pasien obesitas, makan makanan berprotein tinggi mengurangi kadar Ghrelin lebih banyak daripada makan makanan tinggi karbohidrat, menurut sebuah penelitian. Protein juga membantu menjaga massa otot dan membantu membakar beberapa kalori ekstra per hari.

Protein juga penting untuk mencegah hilangnya otot, yang dapat terjadi saat Anda menurunkan berat badan atau usia.  Kacang-kacangan, produk susu, telur, selai kacang, kacang-kacangan dan daging tanpa lemak adalah sumber protein yang sangat baik.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA