Rabu 25 May 2022 18:44 WIB

PMI DIY Sebut Kegiatan Donor Darah Kembali Marak

PMI DIY Sebut Kegiatan Donor Darah Kembali Marak

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Hafil
 PMI DIY Sebut Kegiatan Donor Darah Kembali Marak. Foto:  Donor darah (ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
PMI DIY Sebut Kegiatan Donor Darah Kembali Marak. Foto: Donor darah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Ketua Bidang Donor Darah PMI DIY, Suryanto mengatakan, saat ini kegiatan donor darah sudah mulai marak. Pasalnya, selama pandemi Covid-19 pendonor darah mengalami penurunan.

"Saat ini, kegiatan donor darah sudah mulai marak lagi, lembaga, instansi, masyarakat sudah mulai menyelenggarakan donor darah," kata Suryanto dalam Peringatan Hari Palang Merah Dunia dan Syawalan PMI DIY di Alun-alun Kidul, Yogyakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga

Suryanto menyebut, saat ini ketersediaan kantong darah di DIY mencukupi. Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan darah maupun mendonorkan darah, katanya, dapat menghubungi unit donor darah PMI yang sudah ada di masing-masing kabupaten/kota se-DIY.

Selain itu, Suryanto juga menyebut bahwa selama libur Lebaran kemarin pelayanan darah juga tetap dilakukan. Begitu pun dengan ketersediaan darah selama libur Lebaran juga dikatakan mencukupi.

"Stok darah saat lebaran mencukupi, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kepada pendonor darah yang berperan, serta menjaga stok darah tetap aman saat libur Lebaran tahun ini," ujarnya.

Saat pelaksanaan Siaga Lebaran 2022, PMI DIY mendirikan 20 Pos Pelayanan Pertolongan Pertama. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan total 22 ambulans untuk membantu masyarakat selama Siaga Lebaran.

PMI menugaskan personel yang memiliki latar belakang medis, paramedis maupun relawan yang mempunyai keterampilan pertolongan pertama. "Salah satu tugas PMI adalah melayani masyarakat dalam penanganan musibah dan memberikan pelayanan kesehatan, di antaranya adalah pertolongan pertama," kata Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo.

Pihaknya juga memberikan penghargaan kepada 331 relawan yang terlibat dalam Siaga Lebaran 2022. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kinerja relawan yang bertugas selama masa libur Lebaran.

"Setelah dua tahun sejak pandemi Covid-19 tahun 2020 yang lalu, baru tahun ini kita bisa menjalani tradisi mudik. Alhamdulillah mudik berjalan lancar, masyarakat dapat dilayani dengan baik. Kini, saatnya kita mengapresiasi kinerja relawan yang telah bekerja sukarela melayani masyarakat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement