Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Pohon Tumbang Timpa Tiga Rumah di Kabupaten Tangerang

Rabu 25 May 2022 18:15 WIB

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang, Banten, pada Rabu (25/5/2022) mengakibatkan satu pohon besar tumbang dengan menimpa tiga unit rumah warga di lingkungan RT/RW 04/08, Desa Cukanggalih, Kecamatan Curug.

Ilustrasi. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang, Banten, pada Rabu (25/5/2022) mengakibatkan satu pohon besar tumbang dengan menimpa tiga unit rumah warga di lingkungan RT/RW 04/08, Desa Cukanggalih, Kecamatan Curug.

Foto: Antara
Tidak ada korban jiwa dan kerusakan rumah tidak parah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang, Banten, pada Rabu (25/5/2022) mengakibatkan satu pohon besar tumbang dengan menimpa tiga unit rumah warga di lingkungan RT/RW 04/08, Desa Cukanggalih, Kecamatan Curug. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) setempat bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

Ketika itu, guyuran hujan deras mengakibatkan amblasnya tanah yang menopang pohon besar itu. Akibatnya, pohon jatuh secara perlahan ke arah rumah warga di sekitarnya.

Baca Juga

"Pohon tumbang ini terjadi akibat tanah yang terguyur hujan, membuat akar tidak kuat menopang ditambah adanya angin," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir di Tangerang, Rabu.

Ia menjelaskan, setidaknya dengan tumbangnya pohon itu tiga unit rumah warga mengalami kerusakan ringan pada masing-masing atapnya. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kondisi rumah mengalami kerusakan, tapi tidak parah. Hanya atap rumah rusak karena tertimpa ranting-ranting pohon dan tidak ada korban jiwa," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk menangani atas kejadian tersebut pihaknya pun kini telah mengerahkan petugas untuk melakukan proses evakuasi dan perapihan pohon tumbang itu. "Kami kerahkan sebanyak lima personil beserta perlengkapan untuk mengevakuasi pohon dan masih dalam penanganan oleh petugas BPBD dari Mako Curug Regu B," ujarnya.

Ia menambahkan, jika di lingkungan permukiman warga terdapat pohon yang tidak layak ataupun lapuk harap dilaporkan segera agar pihaknya bisa langsung melakukan penanganan. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap berhati-hati serta waspada ketika dalam kondisi cuaca ekstrem yang saat ini sering terjadi.

"Kami juga sudah memberikan bantuan logistik kepada tiga rumah yang terdampak itu, dan kita mengimbau masyarakat agar tetap waspada dalam kondisi cuaca seperti ini," kata dia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA