Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Gandeng Pemkab Talaud, Baznas Bangun Rumah Sehat di Perbatasan

Rabu 25 May 2022 17:57 WIB

Red: Christiyaningsih

Rumah Sehat Baznas Miangas diharapkan dapat menjangkau lebih banyak mustahik di perbatasan.

Rumah Sehat Baznas Miangas diharapkan dapat menjangkau lebih banyak mustahik di perbatasan.

Foto: Baznas
Rumah Sehat Baznas Miangas diharapkan dapat menjangkau lebih banyak mustahik

REPUBLIKA.CO.ID, KEPULAUAN TALAUD -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun Rumah Sehat Baznas di Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara demi memberi akses kesehatan gratis kepada masyarakat perbatasan. Pembangunan Rumah Sehat Baznas Miangas mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Talaud dengan ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Baznas dan Pemkab Talaud. 

Pemkab Talaud juga menyediakan lahan untuk Rumah Sehat Baznas dengan luas 2.000 meter persegi yang cukup untuk Rumah Sakit type D. 

Baca Juga

"Alhamdulillah, upaya Baznas dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, termasuk di perbatasan NKRI dapat terwujud berkat dukungan yang kuat dari berbagai pihak. Kali ini Baznas bekerja sama dengan Pemkab Talaud mewujudkan pembangunan Rumah Sehat Baznas demi memberi akses kesehatan gratis kepada masyarakat di Miangas, yang jadi pulau terluar perbatasan negara," kata Ketua Baznas KH Noor Achmad di Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Selasa (24/5/2022).

Pembangunan Rumah Sehat Baznas direncanakan akan memakan waktu selama satu tahun. Selain itu, Rumah Sehat Baznas juga akan memberdayakan warga sekitar Kecamatan Miangas. 

"Demi memberikan pelayanan medis yang baik dan maksimal, Baznas akan bekerja sama dengan fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Agar Rumah Sehat Baznas ini dapat terus berkelanjutan dan menebar manfaat kepada masyarakat sekitar, tentu kami membutuhkan dukungan kuat dari Pemprov Sulawesi Utara dan Pemkab Talaud sesuai yang tercantum di MoU," kata Noor. 

Upaya Baznas dalam melayani aspek kesehatan masyarakat perbatasan mendapat sambutan positif dari Menkopolhukam sekaligus Ketua Pengarah BNPP, Mahfud MD. "Hari ini dilakukan MoU pembangunan Rumah Sehat Baznas. Baznas ini adalah lembaga negara resmi yang dibentuk sesuai Undang-Undang untuk membantu masyarakat. Dan tadi visi misinya menawarkan beasiswa. Pak Bupati nanti akan membuat daftar, kemudian Baznas nanti akan mencari berapa yang tersedia dan kualifikasinya," kata Mahfud MD. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Baznas Mo Mahdum menjelaskan pembangunan Rumah Sehat Miangas melengkapi 11 Rumah Sehat Baznas yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Rumah Sehat Baznas sebelumnya telah melayani kesehatan fakir miskin dan dhuafa secara gratis di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, DI Yogyakarta, Makassar, Sidoarjo, Pangkalpinang, Parigi Moutong, Palu, Berau, dan Papua. 

Pada Ramadhan lalu, Baznas baru saja meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sehat Baznas Istiqlal. Rumah Sehat Baznas Miangas diharapkan dapat menjangkau lebih banyak mustahik yang membutuhkan pertolongan dari segi kesehatan. "Kami sangat berharap proses pembangunan dapat berjalan lancar agar semakin banyak yang akan terbantu dengan kehadiran Rumah Sehat Baznas," ujar Mo Mahdum.

Mahdum turut menyampaikan terima kasihnya atas sumbangsih dari masyarakat demi hadirnya Rumah Sehat Baznas di banyak wilayah. "Donasi yang diberikan masyarakat melalui Baznas dapat dirasakan langsung kehadirannya oleh masyarakat yang membutuhkan di mana pun, termasuk di wilayah perbatasan," kata Mahdum.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA