Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Seekor Hiu Paus Terdampar Mati di Pantai Kabupaten Pesisir Selatan

Rabu 25 May 2022 15:44 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nur Aini

Ikan hiu paus terdampar, ilustrasi

Ikan hiu paus terdampar, ilustrasi

Foto: Destyan Sujarwoko/ANTARA
Temuan paus terdampar di Pesisir Selatan sejak Selasa (24/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PESISIR SELATAN -- Seekor satwa liar Hiu Paus terdampar di Pantai Kincie, Salido, Nagari Salido, Kecamatan Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat, Ardi Andono, mengatakan temuan paus terdampar tersebut sudah sejak Selasa (24/5/2022) kemarin sekitar pukul.

Baca Juga

"Satwa tersebut sudah ditemukan sejak pukul 11.00 WIB kemarin. Warga berusaha membantu paus tersebut kembali ke lautan. Tapi tidak berhasil dan akhirnya paus tersebut mati," kata Ardi, Rabu (25/5/2022).

Petugas BKSDA di resor Pesisir Selatan lanjut Ardi telah melakukan identifikasi. Panjang ikan raksasa tersebut lebih kurang 6 meter dan lebar 1,5 meter.

Menurut Ardi, untuk eksekusi lebih lanjut, petugas di lapangan menunggu koordinasi antara Polres, BPBD dan BPSPL Padang. Petugas di lapangan kata dia telah mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan apapun terhadap satwa tersebut.

Informasi yang diterima Republika.co.id, penguburan ikan tersebut harus dengan cara dipotong-potong. Karena di daerah bibir pantai lokasi penemuan hewan itu, tidak ada alat berat sehingga menyulitkan warga untuk menarik tubuh hewan secara utuh.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA