Rabu 25 May 2022 15:43 WIB

Roadshow Lake Toba Traditional Music Festival Hadirkan Kolaborasi dengan Pemusik Tradisi

LTTMF ini merupakan rangkaian acara dari Festival Musik Tradisional Indonesia.

roadshow Lake Toba Traditional Music Festival
Foto: istimewa
roadshow Lake Toba Traditional Music Festival

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Gelaran roadshow Lake Toba Traditional Music Festival (LTTMF) 2.0 yang dilaksanakan di Dairi mengangkat Kolaborasi antara komposer dengan pemusik tradisi Pak-pak yang ada di sanggar-sanggar sekitaran Dairi. Hal ini disampaikan oleh Ojax Manalu, direktur Rumah Karya Indonesia.

Ojax menjelaskan produk kolaborasi ini adalah Eta Margondang yang akan menghasilkan komposisi-komposisi musik tradisi dari 4 Puak  (Toba, Simalungun, Karo, dan Pakpak).

"Para komposer yang sudah kita seleksi akan mengajak anak-anak muda dan seniman di daerah roadshow kita untuk menciptakan reportoar musik tradisi, " ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/5).

Tanpa menghilangkan esensi festival itu sendiri, yakni menyampaikan edukasi tentang geopark kaldera Toba melalui musik tradisi, tambahnya.  LTTMF ini merupakan rangkaian acara dari Festival Musik Tradisional Indonesia.

Ojax mengatakan, festival ini sebagai momen memperkenalkan musik tradisi yang ada di Danau Toba untuk didengar  masyarakat yang lebih luas. Ia juga menyebutkan bahwa akan dilakukan 2 kali roadshow sebelum acara puncak LTTMF di Kecamatan Tampahan pada Agustus nanti.

Adapun roadshow pertama dilakukan hari ini di Dairi, dan yang kedua di Taman Mejuah-juah Karo pada 3-4 Juni mendatang.  Lake Toba Traditional Musik Festival yang merupakan bagian dari Festival Musik Tradisi merupakan bagian komitmen Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemdikbudristek dalam membangun ekosistem musik tradisi di Kawasan Danau Toba dalam menduking menjadi Destinasi Super Perioritas Danau Toba.

Adapun rangkaian acara LTTMF ini yaitu Lomba mewarnai ornamen Pak-pak untuk kategori TK dan SD, lomba merkalondang, dan lomba mernangen, serta workshop "Organologi Mustika dan Teknik Permainan Sarune Pak-pak."

Selanjutnya ada pertunjukan kesenian etnis Pak-pak yang dibawakan sanggar-sanggar di Dairi dan Pasar Geopark yang menjajakan produk-produk UMKM yang ada di Dairi. Selain itu ada pertunjukan Eta Margondang dengan tajuk "Perdalenen" yang melibatkan 4 sanggar yang ada di Dairi dengan komposer Sintong Pasaribu.

Sintong menjelaskan, setidaknya ia membutuhkan waktu sebulan untuk mentrasfer komposisi musik yang diciptakannya kepada sanggar-sanggar tersebut. "Minimallah aku sekali seminggu bolak balik Medan Dairi untuk latihan, " kata Sintong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement