Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

UNM Sukses Gelar Webinar Artificial Intelligence in Machine Learning

Rabu 25 May 2022 07:08 WIB

Red: Hiru Muhammad

Teknologi machine learning, menjadi salah satu dari cabang Artificial Intelligence yang sangat diminati dan menarik perhatian karena teknologi ini mampu mempelajari data yang ada dan data yang diperoleh, sehingga bisa melakukan tugas tertentu.

Teknologi machine learning, menjadi salah satu dari cabang Artificial Intelligence yang sangat diminati dan menarik perhatian karena teknologi ini mampu mempelajari data yang ada dan data yang diperoleh, sehingga bisa melakukan tugas tertentu.

Foto: istimewa
Peran machine learning sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Teknologi machine learning, menjadi salah satu dari cabang Artificial Intelligence yang sangat diminati dan menarik perhatian karena teknologi ini mampu mempelajari data yang ada dan data yang diperoleh, sehingga bisa melakukan tugas tertentu. 

Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Program Studi (prodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan webinar tentang machine learning, secara daring, pada Kamis (19/5/2022) lalu. 

Baca Juga

Webinar mengusung tema “Artificial Intelligence in Machine Learning”, dengan menghadirkan praktisi, yang juga founder Yayasan Komunitas Open Source dan staf ahli bidang IT PT Prima Armada Raya yakni Arif Rama Syarif. Dengan pemandu acara Fitra Septia Nugraha selaku Dosen UNM.

Arfhan Prasetyo, selaku ketua prodi (kaprodi) Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) dalam sambutannya mengatakan, perkembangan teknologi computer, terutama machine learning, kini sedang menjadi tren penelitian pada bidang komputasi.

“Peran machine learning sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika membuka media YouTube pasti disuguhkan dengan beberapa video, konten atau tampilan baru. Video tersebut merupakan hasil dari pengolahan Machnie Learning yang sesuai dengan kesesuaian minat atau kebutuhan,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (23/5/2022).

Selain itu, katanya, teknologi machine learning ini, juga menjadi kebutuhan dunia industri. Maka sudah seharusnya mahasiswa bisa mengupgrade skill, agar dapat bersaing dan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik.

“Bagi seluruh mahasiswa peserta webinar, manfaatkan dengan baik kegiatan ini dan ambil ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber, karena perkembangan teknologi terutama bidang machine learning, berkembang dengan pesat. Menjadi keharusan untuk kita sebagai mahasiswa, berperan aktif dalam mengupgrade skill. Agar dapat memanfaatkan dengan baik perkembangan teknologi, bukannya dimanfaatkan oleh teknologi,” paparnya.

Sementara itu, Arif Rama Syarif dalam materinya menjelaskan, Artificial Intelligence pada dasarnya berkaitan dengan pengembangan komputer yang mampu terlibat dalam proses berpikir seperti manusia. 

“Machine learning sendiri merupakan bagian dari teknik artificial intelligence (AI) menggunakan metode statistik yang memanfaatkan data untuk prediksi layaknya manusia,” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan, teknologi machine learning secara tidak sadar sudah banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu contohnya, pada saat kita memilih sebuah produk di sebuah market place, maka iklan-iklan yang muncul di media sosial adalah produk yang relevan dengan produk yang kita pilih di market place tersebut.

“Machine learning merupakan bagian dari implementasi AI yang memanfaatkan data untuk membuat prediksi, layaknya manusia. Sebuah data menjadi hal yang sangat penting dalam machine learning, karena tanpa data sebuah mesin tidak akan dapat belajar dan memprediksi sesuai tujuan kita,” jelasnya.

Dari data yang terkumpul, katanya menerangkan, kita bisa mendapatkan sebuah insight yang sangat bermanfaat dan dapat dimanfaatkan di masa yang akan datang. 

“Sebagai salah satu contoh tentang bagaimana machine learning mengolah sebuah dataset penjualan humberger. Nantinya, diperoleh sebuah insight yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan humberger tersebut,” katanya.

Di kesempatan ini, Arif juga menjelaskan, sebuah tools AutoML Vision yang dapat digunakan untuk mendeteksi objek dan wajah, baca tulisan tangan, dan membuat metadata gambar dengan Vision Api.

“Dimana tools yang digunakan yaitu menggunakan Teachable Machine (https://teachablemachine.withgoogle.com), sebagai contoh pendeteksian orang yang menggunakan masker dan tidak mulai dari proses pengambilan data hingga implementasi,” tegasnya.

 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA