Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Pintasan Keyboard Mac yang Wajib Kita Tahu untuk Kerja Lebih Cepat

Rabu 25 May 2022 08:10 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Laptop MacBook. Sistem operasi Mac menawarkan banyak pintasan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan..

Laptop MacBook. Sistem operasi Mac menawarkan banyak pintasan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan..

Foto: EPA
Mac menawarkan banyak pintasan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pintasan keyboard akan menjadi penyelamat bagi orang-orang yang banyak mengetik untuk memastikan produktivitas maksimum mereka. Bagi pengguna Mac, sistem operasi ini menawarkan banyak pintasan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Pintasan keyboard Mac yang paling dasar adalah Command + C dan Command + V untuk menyalin dan menempelkan teks. Meskipun demikian, ada banyak pintasan keyboard lain untuk Mac yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Berikut adalah beberapa pintasan keyboard terbaik untuk Mac yang harus Anda ketahui, dilansir dari India Today, Selasa (24/5/2022):

Baca Juga

Command + S

Anda telah mengetik semua teks atau membuat keynote yang ingin Anda presentasikan besok di tempat kerja. Hal terbaik berikutnya yang harus dilakukan adalah menyimpan data Anda.

Cara tradisional untuk melakukan menyimpan file adalah dengan menavigasi beberapa opsi di menu bar atau Anda dapat menyimpan dokumen Anda hanya dengan menekan Command dan huruf “S”. Anda juga menggunakan pintasan ini untuk menyimpan halaman web saat menjelajah di Safari atau browser web lainnya.

Command + Space Bar

Pintasan keyboard untuk Mac ini akan menyembunyikan atau menampilkan search bar sorotan. Pencarian Spotlight memungkinkan pengguna mencari file tertentu yang disimpan di sistem.

Pengguna dapat mencari gambar hanya dengan mengetikkan nama file tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mencari berbagai jenis file seperti .jpeg atau .mp4

Command + F

Pintasan keyboard ini akan membantu Anda mencari teks tertentu dalam dokumen. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Command + F Mac untuk membuka Find window untuk mencari file yang disimpan di sistem Anda.

Command + Shift + 3/4/5

Mengambil tangkapan layar cukup sederhana di Mac. Pengguna perlu menekan Command, Shift, dan salah satu dari tiga nomor yang disebutkan untuk mengambil tangkapan layar.

Command + Shift + 3 akan mengambil tangkapan layar dari layar saat ini. Command + Shift + 4 akan memungkinkan Anda untuk memilih area layar yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya. Terakhir, Command + Shift + 5 memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari bingkai, yang dapat disesuaikan sesuai keinginan Anda.

Control + Command + Space Bar

Emoticon cukup populer dan sekarang telah menjadi bagian integral dari percakapan digital kita. Anda dapat menambahkan emoji dalam obrolan hanya dengan menambahkan satu dari keyboard aplikasi. Untuk beberapa alasan, jika aplikasi tidak mendukung keyboard emoji, Anda dapat menekan Control, Command, dan Space Bar bersama-sama untuk menampilkan penampil karakter, dari sana Anda dapat memilih emoji dan simbol lainnya.

Control + Command + Q

Jika Anda ingin menjauh dari meja Anda untuk beberapa waktu dan tidak ingin siapa pun memiliki akses ke layar Anda, cukup tekan Control, Command, dan Q bersamaan untuk mengunci layar. Setelah menjalankan perintah, Anda akan diarahkan ke layar login Anda.

Shift + Command + Q

Perintah ini akan mengeluarkan Anda dari akun macOS Anda. Setelah Anda menekan tombol bersama-sama, pesan pop-up akan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Jika Anda menekan logout, semua aplikasi Anda akan ditutup dan Anda akan keluar dari sistem. Untuk langsung log out tanpa konfirmasi, tekan Option-Shift-Command-Q.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA