Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Bawa MU ke Liga Champions Jadi Target Minimal Ten Hag

Selasa 24 May 2022 22:38 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih MU Erik ten Hag

Pelatih MU Erik ten Hag

Foto: AP/Peter Dejong
Ten Hag meminta para pemainnya untuk lapar gelar.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erik ten Hag tidak mau muluk-muluk dalam menetapkan target pada musim debutnya menangani Manchester United pada musim depan. Pelatih asal Belanda itu bertekad mengantarkan Setan Merah tampil di Liga Champions musim berikutnya atau pada musim 2023/2024. Musim ini, United harus kembali memperpanjang puasa raihan gelar bergengsi, yang terentang sejak 2018 silam. 

Tidak hanya itu, finish di peringkat keenam Liga Primer Inggris, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juga bakal absen di kancah Liga Champions musim depan. Untuk pertama kalinya sejak musim 1995/1996, United gagal tampil di kasta tertinggi kompetisi antar klub Eropa tersebut. 

Baca Juga

Meski mengakui akan sulit membawa United kembali ke level tertinggi dalam waktu singkat, Ten Hag menyebut, setidaknya bisa membawa United kembali ke Liga Champions dapat menjadi tolak ukur kesuksesan pada musim depan. 

''Ini akan menjadi proyek besar membawa kembali United ke jajaran tertinggi. Namun, kami juga harus menyadari situasi yang kami hadapi. Tempat Manchester United seharusnya berada di Liga Champions. Jadi, hal itu menjadi target pertama kami,'' ujar Ten Hag seperti dilansir Press Asociation, Selasa (24/5/2022). 

Pada musim depan, United memiliki dua opsi untuk bisa memenuhi target tersebut, via finish di empat besar atau menjuarai Liga Europa musim depan. Selain tampil di kancah domestik, Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Primer Inggris, United juga berhak tampil di pentas Liga Europa musim depan lantaran finish di peringkat keenam. 

Kendati begitu, eks pelatih Ajax Amsterdam itu tidak menutup peluang sepenuhnya soal target raihan trofi pada musim depan. Kesempatan sekecil apapun untuk bisa meraih trofi pada musim depan akan dimanfaatkan oleh pelatih berusia 52 tahun tersebut. Bahkan, Ten Hag menuntut anak-anak asuhnya untuk bisa menanamkan sikap haus akan kemenangan di setiap laga pada musim depan. 

''Sangat penting (untuk bisa merai gelar juara). Kami ingin meraih kemenangan di setiap laga. Itu harus menjadi sikap dari semua pihak, mulai dari pemain, jajaran pelatih, hingga manajemen klub. Setiap laga pada musim depan akan menjadi laga yang penting. Kami akan memberikan kemampuan terbaik kami di setiap laga tersebut demi meraih kemenangan,'' kata Ten Hag.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA