Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

7.000 Siswa PAUD dan TK Peroleh Pelajaran Disiplin Lalu Lintas

Selasa 24 May 2022 15:39 WIB

Red: Ratna Puspita

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Foto: Dok Polda Metro
Sambodo mengatakan, kegiatan itu diharapkan bisa menanamkan pendidikan karakter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 7.000 siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) di Depok memperoleh pengetahuan soal disiplin lalu lintas dari personel Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya di Pasar Seni Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (24/5/2022). Mereka memperoleh pengetahuan itu melalui kegiatan gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi).

"Ada banyak sekolah yang terlibat pada hari ini, setidaknya melibatkan sekitar 7.000 anak PAUD dan TK," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Baca Juga

Sambodo juga menjelaskan, Ditlantas Polda Metro Jaya berencana menghadirkan acara serupa dengan mengajak seluruh PAUD dan TK di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya, dari Jakarta, Bekasi Kota, Kabupaten Bekasi, Kota Tangerang hingga Kabupaten Tangerang. Sambodo mengatakan, kegiatan itu diharapkan bisa menanamkan pendidikan karakter, khususnya disiplin berlalu lintas sejak dini kepada anak-anak.

Selain itu, untuk memeriahkan Gebyar PAUD dan TK Jabodetabek Selasa ini, Ditlantas Polda Metro Jaya juga mengadakan aneka perlombaan, di antaranya lomba tari, menggambar dan mewarnai. "Jadi, selain pengenalan rambu-rambu dan disiplin berlalu lintas kemudian dilanjutkan dengan acara lomba-lomba," ujar Sambodo.

Sambodo berharap anak-anak mampu tampil percaya diri saat mengikuti lomba tari, serta ekspresif ketika melangsungkan lomba gambar dan mewarnai. Para anggota Polwan Ditlantas Polda Metro Jaya yang hadir di lokasi juga tak kalah ceria mengikuti tarian anak-anak di lokasi.

Terlebih ketika acara serupa telah dua tahun vakum di saat Covid-19 sedang tinggi-tingginya beberapa waktu silam. Bunda PAUD Kota Depok Eti Maryati Salim mengatakan, kegiatan itu adalah bentuk pembelajaran di luar sekolah yang penting untuk para anak-anak.

"Ini bagian dari pembelajaran anak-anak kita di luar sekolah, yakni anak-anak kita tampil dengan percaya diri dengan berbagai lomba yang diadakan Himpaudi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA