Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Polresta Surakarta Terapkan Satu Jalur Saat Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK

Selasa 24 May 2022 10:28 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Sejumlah polisi berpatroli melintasi kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo Jawa Tengah, Kamis (4/2/2021). Polresta Surakarta siapkan rekayasa jalur untuk pengamanan pernikahan adik Jokowi. Ilustrasi.

Sejumlah polisi berpatroli melintasi kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo Jawa Tengah, Kamis (4/2/2021). Polresta Surakarta siapkan rekayasa jalur untuk pengamanan pernikahan adik Jokowi. Ilustrasi.

Foto: Antara/Maulana Surya
Polresta Surakarta siapkan rekayasa jalur untuk pengamanan pernikahan adik Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA - Polres Kota Surakarta mengatakan pengamanan untuk acara pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, di Gedung Graha Saba Buana Sumber Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (26/5/2022) akan menerapkan satu jalur jalan menuju tempat acara. Rencananya acara akad nikah dan resepsi dilakukan di tempat yang sama di Graha Saba Buana Jalan Letjen Suprapto No.80 B, Sumber, Banjarsari, Solo.

Keterangan ini disampaikan Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak, di Solo, Selasa (24/5/2022). Menurut Ade, acara akad nikah akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB - pukul 12.00 WIB dan resepsi pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Baca Juga

Kapolres menjelaskan penerapan satu jalur di sepanjang Jalan Letjen Suprapto depan Graha Saba Buana mulai simpang empat warung makan sate Dahlan hingga simpang Masjid Mujahidin diperlakukan satu arah dari selatan ke utara. "Jalur itu hanya bisa diakses oleh tamu undangan resepsi atau akad nikah termasuk warga di Jalan Letjen Suprapto," kata Kapolres.

Selain itu, Polresta Surakarta juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus lalu lintas dilakukan mulai dari simpang Girimulyo untuk mengalihkan kendaraan berat atau besar dari Girimulyo ke Terminal Tirtonadi kemudian belok kiri ke Jembatan Kering menuju Palang Joglo. Jalur mulai simpang empat warung makan sate Dahlan untuk kendaraan pribadi atau kecil dialihkan ke arah barat dan timur. Kendaraan arah timur menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro dan ke kiri menuju gang dalam Sumber.

Polresta Surakarta dalam kegiatan jalur tersebut telah menyiapkan beberapa lokasi parkir kendaraan yang nantinya bisa diakses semua tamu undangan resepsi pernikahan. Kantong parkir telah disiapkan mulai dari selatan. Sopir mobil tamu undangan akan melaksanakan droping di depan Grha Saba Buana. Sopir pengantar akan diluruskan ke utara menuju simpang Masjid Mujahidin belok kanan ke kantong parkir lapangan Sumber.

Jumlah tamu undangan acara akad nikah sekitar 100 orang dan resepsi sekitar 400 orang. "Kami telah menyiapkan 1.364 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang dilibatkan dalam pengamanan jalur itu," kata Ade.

Petugas gabungan dikerahkan alam mengatur lalu lintas, penerapan satu jalur, maupun rekayasa lalu lintas untuk mengalihkan kendaraan berat dan kecil. Adik Presiden Joko Widodo, Idayati, akan menikah dengan Ketua MK RI Anwar Usman. Menurut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Surakarta Arbain Basyar, saksi nikah dari pihak Ketua MK Anwar adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Sedangkan dari pihak perempuan Idayati saksi nikah adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

 

 
 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA