Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Langkah Indonesia Menjadi Pusat Produsen Produk Halal Dunia 2024

Selasa 24 May 2022 07:33 WIB

Red: Natalia Endah Hapsari

Pergelaran Road to JMFW 2023

Pergelaran Road to JMFW 2023

Foto: dok Mustika Ratu
Industri busana Muslim dan kosmetika mendukung RI sebagai Global Halal Hub 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu menggelar Road to Jakarta Moslem Fashion Week (JMFW) mengusung tema “Glowing with JMFW 2023 bersama 44 Finalis Puteri Indonesia yang diadakan di Mal Gandaria City, Ahad (22/5). Kegiatan ini bersamaan dengan  rangkaian kegiatan Pemilihan Putri Indonesia (PPI) 2022.

Pergelaran Road to JMFW kolaborasi 44 finalis Puteri Indonesia bertujuan untuk memperkenalkan dan membesarkan usaha di sektor busana Muslim di tanah air dan diharapkan menjadi pergelaran mode Muslim terbesar di Indonesia yang dapat meningkatkan nilai ekspor Indonesia. 

Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Kusuma Ida Anjani mengatakan ajang tersebut merupakan bentuk dukungan yang sejalan dengan program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Global Halal Hub di tahun 2024. ''Inisiatif ini dilaksanakan melalui industri fashion dan kosmetika dengan kerja sama berbagai pihak seperti Kemendag, KADIN, Asosiasi Kosmetik, Asosiasi Pertekstilan dan juga para desainer Indonesia,” ujar Kusuma Anjani dalam siaran pers, Selasa (24/5).

Acara dibuka dengan parade penampilan 44 finalis Puteri Indonesia 2022 dengan menggunakan busana Muslim hasil karya desainer lokal yang dipercantik dengan riasan kosmetik Beauty Queen Series Mustika Ratu dan dilanjutkan dengan talkshow Glowing Road to JMFW 2023. 

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan Glowing Road to JMFW 2023 merupakan koordinasi nyata yang inklusif lintas sektor bersama Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Ratu, Kemendag dan Kadin dalam memajukan mode muslim dan kosmetik halal Indonesia.  “Kadin berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku industri halal termasuk UMKM untuk menyesuaikan diri menuju ekosistem digital untuk memperluas akses ke pasar global melalui digital teknologi, “ujarnya. 

Road to JMFW 2023 dapat menjadi strategi dan promosi bagi industri mode muslim baik pada tingkat lokal dan dunia yang tentunya akan mempercepat pemulihan ekonomi setelah pandemi.

Anggota Dewan Pertimbangan Persiden (Watimpres) yang juga Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani sangat mengapresiasi Road to JMW 2023 bersama Puteri Indonesia 2022. Kegiatan ini juga merupakan side event dari G20 yang ditujukan untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui industri mode dan produk halal.

“Saya berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi seluruh stake holder pada sektor industri halal untuk membenahi diri, memperbaiki kualitas produk dan terus menyesuaikan  sehingga dapat turut ambil bagian dan langkah strategis untuk mewujudkan industrinya sebagai pusat produsen halal dunia di tahun 2024, “ ujarnya.  

Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan, Frida Adiati mengungkapkan, sinergi yang kuat antara industri busana Muslim dan kosmetika nasional berkontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara produsen produk halal terbesar dunia. “Kami menyadari upaya membangun ekosistem fashion muslim secara serius dan berkelanjutan akan memberikan efek domino bagi industri penunjang dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Selain itu, juga dapat mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai kiblat mode Muslim dunia tahun 2024.  JMFW hadir tidak  hanya  mempromosikan  produk  fashion, tapi juga mengangkat potensi produk kosmetik Indonesia,” tutur Frida.

Frida optimis Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim yang besar dapat menangkap peluang, sehingga  dapat  menguasai  pasar  produk  halal  global.  Hal itu juga mengingat  tren permintaan produk halal saat ini semakin meningkat.

Sesuai dengan Roadmap Fashion Muslim Indonesia, tahun 2024, ditargetkan untuk deklarasi Indonesia sebagai pusat fasyen muslim dunia, melalui JMFW sebagai ajang internasional. Tahun 2023, ditargetkan untuk penguatan jejaring dengan terjun langsung dalam peta mode internasional. Sedangkan pada  tahun ini, fokus strateginya adalah  penguatan branding.

“Dukungan Kementerian Perdagangan dalam pelaksanaan PPI 2022 merupakan bagian dari Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2022 mendatang back-to-back dengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia 2022, di ICE BSD, Tangerang,” jelas Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Miftah Farid.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA