Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Rumah Zakat Fasilitasi Penyusunan Dokumen Penanggulangan Bencana di Desa Tangguh Bencana

Selasa 24 May 2022 06:30 WIB

Red: Gita Amanda

Desa Suci, Kecamatan Panti merupakan salah satu Desa Tangguh Bencana inisiasi Rumah Zakat yang ada di Kabupaten Jember.

Desa Suci, Kecamatan Panti merupakan salah satu Desa Tangguh Bencana inisiasi Rumah Zakat yang ada di Kabupaten Jember.

Foto: Rumah Zakat
Kegiatan ini merupakan salah satu program Rumah Zakat bidang pemberdayaan

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Desa Suci, Kecamatan Panti merupakan salah satu Desa Tangguh Bencana inisiasi Rumah Zakat yang ada di Kabupaten Jember. 

Untuk memenuhi standar indikator desa tangguh bencana Rumah Zakat terus berupaya memaksimalkan potensi desa. Diantara upaya tersebut dengan memfasilitasi penyusunan dokumen penanggulangan bencana diantaranya kajian risiko bencana, sistem peringatan dini, rencana aksi komunitas dan rencana kontingensi. 

Dengan metode partisipatif melibatkan unsur lembaga lokal dan komunitas yang ada di desa suci kegiatan ini berjalan lancar sehingga dokumen yang dihasilkan merupakan kesepakatan bersama. Dilaksanakan dari 18 - 20 Mei 2022 dan dihadiri BPBD Kabupaten Jember serta Komunitas Pemerhati Kebencanaan wilayah setempat semakin menambah kepercayaan diri masyarakat Suci untuk membangun ketangguhan desanya.

Bibin Sihabudin hadir mewakili Rumah Zakat saat acara pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Rumah Zakat bidang pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana. "Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi resiko bencana,” ungkapnya.

"Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Workshop Desa Tangguh, kami berharap seluruh peserta yang hadir dapat mengikuti setiap tahapan dan materi yang di sampaikan narasumber agar kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana dapat meningkat serta dokumen yang dihasilkan bisa digunakan sebagai dasar pelaksanaan penanggulangan bencana di Desa Suci,” Tambahnya.

Hadir mewakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Jember, Ahmad Roib Kepala Bidang 1 Pencegahan dan Kesiapsiagaan sekaligus membuka acara.

"Saya sudah berkeliling ke Destana yang ada di Jember, Destana Suci merupakan yang terbaik, adanya dokumen penanggulangan bencana ini kami berharap Desa Suci bisa jadi percontohan Destana lain di Kabupaten Jember," kata Ahmad Roib. 

Sejumlah 30 orang dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Desa Suci terlibat sebagai peserta untuk menyusun dokumen dipandu Fasilitator Destana Provinsi Jawa Timur sekaligus Relawan Rumah Zakat.

Seusai penyusunan dokumen, Destana Suci akan melakukan simulasi penanggulangan bencana dengan mengacu pada dokumen yang akan dihasilkan pada Workshop ini.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA