Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Erik Ten Hag Pekerjakan Mantan Bosnya Sebagai Asisten Pelatih di MU

Senin 23 May 2022 20:53 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih bary Derby County, Steve McLaren.

Pelatih bary Derby County, Steve McLaren.

Foto: EPA/Peter Kneffel
Sosok ini juga pernah menjadi pelatih timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pelatih timnas Inggris, Steve McClaren, bakal bekerjasama dengan Erik ten Hag di staff pelatih Manchester United. McClaren, bersama Mitchell van der Gaag, telah resmi ditunjuk sebagai asisten Ten Hag, yang menduduki jabatan sebagai pelatih utama Setan Merah. 

Buat McClaren, ini merupakan kedua kalinya pelatih asal Inggris itu bergabung dalam staff pelatih United. McClaren diketahui sempat menjadi asisten pelatih legendaris United, Sir Alex Ferguson, pada 1999 hingga 2001. 

Baca Juga

McClaren meninggalkan United pada 2001 lantaran menerima pinangan Middlesbrough sebagai pelatih tim utama. Tidak hanya itu, pelatih timnas Inggris pada rentang waktu 2006 hingga 2007 itu juga pernah bekerjasama dengan Ten Hag, tepatnya saat pelatih berusia 61 tahun itu menukangi Twente. 

Uniknya, pada saat itu, Ten Hag merupakan asisten pelatih McClaren di klub asal Belanda tersebut. Kini, posisinya berganti, McClaren akan berstasus sebagai asisten pelatih Ten Hag di United. McClaren juga akan berbagi tempat dengan Van der Gag, yang juga ditunjuk sebagai asisten pelatih Ten Hag. 

''Manchester United mengumumkan penunjukan Mitchell van der Gaag dan Steve McClaren sebagai asisten Erik Ten Hag,'' tulis pernyataan resmi United di laman klub, Senin (23/5/2022). 

McClaren mengaku sudah terkesan dengan kemampuan Ten Hag saat pertama kali bertemunya di Twente. Tidak hanya soal detail-detail kecil dalam permainan, ujar McClaren, Ten Hag sudah memiliki filosofi yang tegas dan jelas elas soal gaya permainan yang akan diterapkannya. 

''Saya kira, saya sudah cukup bekerja keras hingga akhirnya bertemu dengan Ten Hag. Kekuatan utamanya tidak hanya perhatian pada detail-detail kecil organisasi permainan. Dia sudah memiliki filosofi yang jelas dan lingkungan yang ingin dia ciptakan,'' kata McClaren di laman resmi United. 

Sementara McClaren diketahui pernah bekerjasama dengan Ten Hag saat masih menukangi Twente, Van der Gaag merupakan asisten pelatih Ten Hag di Ajax Amsterdam pada musim lalu. Sebelumnya, Van der Gaag merupakan pelatih tim junior Ajax Amsterdam selama dua tahun.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA