Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Pemkab Bogor Masifkan Mitigasi Bencana di Seluruh Wilayahnya

Senin 23 May 2022 19:35 WIB

Rep: shabrina zakaria/ Red: Hiru Muhammad

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengungkapkan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah fokus pada penanganan pasca bencana baik jangka pendek maupun jangka Panjang.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengungkapkan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah fokus pada penanganan pasca bencana baik jangka pendek maupun jangka Panjang.

Foto: istimewa
Mitigasi bencana upaya untuk menekan bencana alam di Kabupaten Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR—-Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengungkapkan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah fokus pada penanganan pascabencana baik jangka pendek maupun jangka Panjang. Serta fokus pada mitigasi bencana di seluruh wilayah untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam melalui BPBD Kabupaten Bogor.

Menurutnya, penanganan jangka pendek dilakukan melalui pemberian bantuan keuangan sewa rumah untuk tiga bulan kedepan. Sedangkan untuk jangka panjangnya dilakukan dengan merelokasi korban bencana tanah longsor dan membangunkan rumah yang layak di lokasi zona hijau atau aman bencana.

Baca Juga

Salah satu penerima bantuan ialah korban longsor di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Iwan menyebutkan, para korban menerima bantuan dari Dinas Sosial (Dinsos) sebesar Rp 15 juta per orang, dan dari Baznas Kabupaten Bogor sebesar Rp 5 juta per orang.

“Serta uang sewa rumah untuk tiga bulan kedepan kita berikan untuk keluarga yang terkena bencana dan rumahnya rusak. Juga bantuan alat-alat rumah tangga yang hilang, kita akan cukupi semua mulai dari alat rumah tangga, tempat tidur dan lainnya,” tuturnya, Senin (23/5/2022).

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, mitigasi bencana adalah salah satu upaya untuk mengantisipasi dan meminimalisir bencana alam di Kabupaten Bogor, untuk itu ia meminta kepada BPBD Kabupaten Bogor untuk melakukan mitigasi di seluruh wilayah Kabupaten Bogor serta aktif mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama melakukan mitigasi bencana.

“Masyarakat harus diedukasi bagaimana mitigasi bencana, lokasi mana saja yang rawan bencana sehingga bencana bisa diantisipasi melalui mitigasi bencana. Kami himbau masyarakat untuk tetap waspada mengingat curah hujan yang masih tinggi di Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Di samping itu, menurutnya, Pemkab Bogor juga akan segera merelokasi para korban bencana, berdasarkan laporan ada dua rumah yang akan direlokasi, bahkan dirinya sudah perintahkan Camat dan Kades agar segera mencarikan tempat relokasi yang aman, untuk selanjutnya dilakukan pembangunan rumah dengan anggaran Rp 62 juta melalui dana Bantuan Tidak Terduga (BTT).

“Kita bagi tugas Kades, Camat dan Danramil untuk menangani bencana alam ini, dan untuk merelokasi, kami ada tim teknis dari BPBD yang sudah terlatih dalam melakukan mitigasi kelayakan tempat relokasi. Mudah-mudahan secepatnya ditemukan lokasi yang aman agar mereka para korban bencana bisa menjalani kehidupan nomal kembali seperti biasa,” katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA