Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Formula E Jadi Rangkaian Ulang Tahun Ke-495 DKI

Senin 23 May 2022 18:14 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah

Lokasi terkini sirkuit balap Formula E, Ancol, Kamis (19/5).

Lokasi terkini sirkuit balap Formula E, Ancol, Kamis (19/5).

Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Pelaksanaan Formula E awal bulan depan akan tetap dilaksanakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, Formula E akan dimasukkan ke dalam rangkaian HUT DKI Jakarta ke-495 Juni 2022 mendatang. Menurutnya, alasan memasukan Formula E ke dalam rangkaian yang digelar pada 24 Mei hingga 25 Juni 2022 itu karena menjadi bagian dari acara penyelenggaraan BUMD pada 4 Juni 2022.

“Pelaksanaanya PT Jakarta Propertindo (Jakpro) kita masukkan saja ke rangkaian,” kata Marullah kepada awak media saat ditemui di Balai Kota DKI, Senin (23/5).

Baca Juga

Namun demikian, katanya, pelaksanaan Formula E awal bulan depan akan tetap dilaksanakan oleh pihak panitia, Jakpro. Menurut Marullah, utamanya pelaksanaan ulang tahun Jakarta ke-495 dilakukan di Jakarta International Stadium (JIS).

Dia tak menampik ada perubahan tempat peringatan ulang tahun DKI dibanding tahun-tahun lalu. Menurutnya, pemindahan lokasi dari PRJ ke JIS, karena memang sesuai dengan fokus Pemprov DKI selama ini untuk memperkenalkan JIS sebagai stadion yang dibangun oleh Pemprov DKI.

“Sebenarnya tidak mengecilkan dan mengabaikan tempat-tempat lain, tapi kita pakai tempat baru yang mudah-mudahan juga bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat DKI sendiri,” tuturnya.

Dikatakan Marullah, branding DKI dengan tajuk 'Jakarta Hajatan' yang akan ditetapkan itu bersifat berkelanjutan tiap tahunnya. Berdasarkan pemaparan dia, rangkaian acara ulang tahun akan diawali dengan “Pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 (Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching)” di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Senin, 24 Mei 2022.

Menurutnya, acara pembukaan ini akan diisi diskusi Jakarta Hajatan ke-495 dan Digital Nomad Island bersama tokoh publik dunia. Ke depannya, rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi dengan berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), dan Pekan Kolaborasi Daerah. Kemudian ada Formula-E, Jakarta Awards & Malam Resepsi, serta pagelaran dan perayaan lainnya, seperti aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukkan musik, pameran.

Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan Closing Ceremony bersamaan dengan Grand Launching Jakarta International Stadium pada 25 Juni 2022. Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA