Senin 23 May 2022 17:24 WIB

Genangan Rob Paksa Industri di Kawasan Berikat Tanjung Emas Hentikan Produksi

fenomena puncak pasang air laut megakibatkan genangan rob di sejumlah wilayah

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sejumlah karyawan di kawasan Berikat Tanjung Emas Semarang menuntun sepedamotor melalui jalan yang tergenang air rob, di jalan Coaster kompleks Tanjung Emas Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Senin (23/5). Sejumlah industri di kawasan berikat ini terpaksa menghentikan produksi karena genangan rob cukup tinggi.
Foto: istimewa
Sejumlah karyawan di kawasan Berikat Tanjung Emas Semarang menuntun sepedamotor melalui jalan yang tergenang air rob, di jalan Coaster kompleks Tanjung Emas Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Senin (23/5). Sejumlah industri di kawasan berikat ini terpaksa menghentikan produksi karena genangan rob cukup tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Seiring dengan adanya fenomena puncak pasang surut air laut bulan Mei hingga Juni 2022 nanti, aktivitas masyarakat maupun para pekerja di sebagian wilayah Kota Semarang, Jawa Tengah kembali terganggu oleh genangan rob.

Pasalnya, fenomena puncak pasang air laut megakibatkan genangan rob di sejumlah wilayah --di pesisir utara Kota Semarang—cenderung meningkat, baik di kawasan pemukiman maupun di sejumlah jalan dan akses utama aktivtas perekonomian masyarakat.

Baca Juga

Sejumlah warga mengaku, tanda- tanda genangan rob mulai meningkat sudah terasa dalam sepekan terakhir. “Terutama mulai siang hari hingga menjelang malam hari,” ungkap Basuki (32), warga Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Senin (23/5/2022).

Dalam beberapa hari terakhir, jelasnya, genangan rob –terutama pada sore hari—cukup tinggi dan ketinggian genangan air berkisar 50 hingga 75 centimeter, atau mencapai di atas lutut orang dewasa.

Hal ini masih diperparah oleh hujan yang akhir- akhir inijuga sering turun pada sore menjelang malam hari. “Jangankan pengendara sepeda motor, mobil --selain jenis truk-- pun tidak berani melintas, karena tingginya genangan rob,” tambahnya.

Sore ini, tingginya genangan rob juga terpantau di sejumlah jalan di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Di beberapa titik genangan air rob mencapai ketinggian 50 hingga 80 centimeter atau sebatas pinggul orang dewasa.

Hal ini terpantau di Jalan Coaster dan jalan menuju kompleks kawasan berikat Tanjung Emas Export Processing Zone (TEPZ) Tanjung Emas. Akibat tingginya genangan rob ini, sejumlah pabrik yang berada di kawasan ini terpaksa menghentikan produksi dan memulangkan karyawannya.

“Tadi saat genangan air mulai tinggi, kami diminta segera menghentikan produksi dan seluruh kelistrikan yang ada di ruangan pabrik semua dicabut dan diamankan dari kemungkinan genangan air,” ungkap Estu (30), salah seorang karyawan PT Glory Industrial.

Karena genangan air cepat naik dan sudah menggenangi halaman pabrik, jelasnya, para karyawan yang membawa sepeda motor disarankan untuk meninggalkan di tempat parkir pabrik. Karena ketinggian air di beberapa tempat sudah mencapai pinggul orang dewasa.      

Hal ini diamini oleh Fera (25), karyawan lainnya. Sedianya aktivitas di pabrik baru selesai pukul 17.00 WIB. namun karena genangan air rob naik cukup tinggi seluruh karyawan produksi dipulangkan pukul 14.30 WIB.

Hal ini untuk mengantisipasi apabila genangan air mulai masuk ke dalam pabrik. Tidak hanya di PT Glory Industrial saja, semua pabrik di kawasan berikat ini juga dipulangkan semua. “Karena sempat ada informasi tanggul di laut jebol,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, saat para keryawan pulang juga harus melalui genangan rob mulai setinggi lutut hingga di atas pinggang. Karena Jalan Coaster atau jalan utama kawasan berikat tersebut juga tergenang air.

Beberapa karyawan yang ingin membawa pulang sepeda moornya terpaksa juga harus berjalan sambal mendorong sepeda motornya. “Di sini memang sering terjadi rob, tetapi ketinggian hari ini sangat parah,” tegas Fera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement