Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Catat! iPhone Model Ini tak Bisa Gunakan WhatsApp Lagi Mulai Oktober

Senin 23 May 2022 11:52 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih

iPhone 5c keluaran Apple

iPhone 5c keluaran Apple

Foto: AP PHOTO
WhatsApp hanya mendukung iOS 12 ke atas sebagai dasar untuk pemilik iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp akan mengakhiri dukungan pada iOS dengan sistem operasi lawas. Pemilik Iphone 5 dan 5C yang masih menggunakan iOS 10 dan 11 tidak akan bisa menggunakan aplikasi pesan ini mulai 24 Oktober.

Dilansir dari Engadget, Senin (23/5), pemberitahuan baru yang terlihat oleh WABeta Info meminta pengguna iPhone lawas untuk segera menginstal versi terbaru sistem operasi seluler Apple tersebut. Jika tidak, maka mulai 24 Aplikasi WhatsApp tidak bisa lagi digunakan oleh diperangkat mereka.

Baca Juga

Mulai 24 Oktober 2021, WhatsApp hanya mendukung iOS 12 ke atas sebagai dasar untuk pemilik iPhone. Jika Anda masih menggunakan iPhone 5s, iPhone 6, atau iPhone 6s, Anda dapat terus menggunakan WhatsApp. Namun, pemilik iPhone 5 dan 5c perlu mempertimbangkan untuk mengupgrade ke handset baru.

iPhone 5 dan iPhone 5c yang berusia hampir satu dekade saat ini. Pembaruan iPhone 5 dan iPhone 5c, yang diluncurkan pada 2012 dan 2013 berhenti di iOS 11 dan tidak dapat meningkatkan ke iOS 12 sama sekali. Kemungkinan, langkah WhatsApp ini tidak akan mempengaruhi terlalu banyak pengguna lantaran penggunanya yang sudah semakin sedikit.

Terlepas dari semua kontroversi yang dihadapi perusahaan induknya Meta, WhatsApp masih tetap menjadi salah satu layanan pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Enkripsi end-to-end-nya membuat WhatsApp disukai oleh basis penggunanya.

Dilansir dari Slashgear, Senin (23/5/2022), WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk versi sistem operasi yang sudah jadul. Sejak akhir 2021, WABetaInfo mengungkapkan WhatsApp memang berencana untuk menghentikan dukungan untuk dua versi iOS tertentu Apple, yaitu iOS 10 dan iOS 11.

Mungkin bukan kebetulan bahwa iOS 16 kemungkinan besar akan diluncurkan sekitar waktu itu juga. Versi iOS berikutnya diharapkan akhirnya menghentikan dukungan untuk iPhone 6s.  Untungnya, berimigrasi ke ponsel baru, bahkan ke platform yang berbeda, menjadi lebih mudah di WhatsApp akhir-akhir ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA