Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Gubernur Serahkan SK Plh Bupati Muba, Apriyadi Jadi Plh Bupati Muba

Senin 23 May 2022 06:24 WIB

Red: Hiru Muhammad

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Ahad (22/5/2022) malam secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Harian (Plh) Bupati Musi Banyuasin (Muba) guna mengisi kekosongan jabatan pasca habisnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Muba periode 2017-2022.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Ahad (22/5/2022) malam secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Harian (Plh) Bupati Musi Banyuasin (Muba) guna mengisi kekosongan jabatan pasca habisnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Muba periode 2017-2022.

Foto: istimewa
Apriyadi yang sebelumnya adalah Sekda Muba, telah berpengalaman di bidang birokrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Ahad (22/5/2022) malam secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Harian (Plh) Bupati Musi Banyuasin (Muba) guna mengisi kekosongan jabatan pasca habisnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Muba periode 2017-2022.

Surat Keputusan ini merujuk pada SK Gubernur Sumsel Nomor : 366/KPTS/I/2022. "Sembari mempersiapkan Administrasi Persiaoan  pelantikan Pj Bupati Muba, jadi guna mengisi kekosongan Bupati Muba malam ini saya menyerahkan SK Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muba ke Drs Apriyadi MSi," ucap Gubernur Herman Deru. 

Baca Juga

Lanjutnya, Plh Bupati Muba yang telah diberikan SK ini akan mempersiapkan usulan Pj Sekda Muba agar bisa bekerja lebih maksimal. "Ya jadi Plh Bupati akan mempersiapkan usulan Pj Sekda Muba," terangnya. 

Sementara itu, Plh Bupati Muba Drs Apriyadi MSi mengucapkan Terima kasih kepada Gubernur Sumsel untuk amanah yang diberikan. "Setelah ini saya akan melakukan konsolidasi dengan OPD di Muba untuk menjalankan roda pemerintahan di Muba," tandasnya.

Apriyadi yang sebelumnya Sekretaris Daerah Muba merupakan sosok yang berpengalaman di bidang birokrat. Mengawali karir sebagai Kepala Desa (Kades) Pematang Palas Banyuasin I pada tahun 1992, alumni SMA Negeri 3 Palembang ini akhirnya menahkodai Kabupaten Muba hingga 2024 mendatang. 

Tidak hanya itu, pengalaman lainnya yang pernah diemban kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini diantaranya pernah menjadi Kabag Kesra dan Perekonomian Pemkab Muba pada 2001, lalu Kepala Bappeda 2009, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muba pada tahun 2010.

Setelah itu, Apriyadi yang juga adik kelas Gubernur Herman Deru saat duduk di bangku SMA Negeri 3 Palembang ini mendapatkan kepercayaan dari mantan Gubernur Alex Noerdin untuk menjabat Kepala Dinas Sosial pada tahun 2012.

Kemudian, Ketua Kwarcab Pramuka Muba ini juga diberi mandat oleh Gubernur Sumsel untuk menjabat Pj Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada tahun 2015 yang mana pada saat itu Kabupaten PALI akan menggelar Pilkada perdana setelah pemekaran. 

Mantan Ketua Pengprov PBSI Sumatera Selatan ini berhasil menjadikan Pilkada PALI menjadi Pilkada paling kondusif di Indonesia dan diberikan penghargaan oleh KPU/Bawaslu Republik Indonesia. 

Lalu, di masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Muba periode 2017-2022 Dodi Reza-Beni Hernedi, Apriyadi yang merupakan putra daerah asli Kabupaten Muba yakni kelahiran Desa Bumiayu Lawang Wetan 6 November 1967 ini diberikan amanah menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Muba.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA