Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Nekat Terobos Perlintasan Kereta, Begini Nasib Minibus Ini

Ahad 22 May 2022 20:36 WIB

Rep: bowo pribadi/ Red: Hiru Muhammad

Kondisi minibus Prona yang mengalami kerusakan setelah tertabrak lokomotif kereta wisata di perlintasan sebidang, di Jalan Losari Sawahan, Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Ahad (22/5) sore

Kondisi minibus Prona yang mengalami kerusakan setelah tertabrak lokomotif kereta wisata di perlintasan sebidang, di Jalan Losari Sawahan, Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Ahad (22/5) sore

Foto: tangkapan layar video warga
Kereta wisata yang ditarik lokomotif diesel tengah melaju dengan kecepatan rendah

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN—Peristiwa kecelakaan yang melibatkan kereta wisata dan minibus prona dikabarkan terjadi di persimpangan sebidang, di Jalan Losari Sawahan, Kelurahan Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Ahad (22/5) sore.

Rekaman video peristiwa kecelakaan ini juga beredar luas melalui media sosial (medsos) warga. Video tersebut  memperlihatkan detik- detik terjadinya tabrakan antara kereta wisata yang beroperasi dari Stasiun Ambarawa- Stasiun Tuntang tersebut dengan minibus Prona warna merah tua.

Baca Juga

Unggahan video berdurasi 44 detik tersebut memperlihatkan kereta wisata yang ditarik lokomotif diesel tengah melaju dengan kecepatan rendah, menjelang persimpangan sebidang Losari Sawahan, atau di belakang Koramil Ambarawa kereta wisata sempat membunyikan klakson.

Namun pada detik ke-16, tiba- tiba nyelonong sebuah minibus Prona yang akan menyeberangi perlintasan. Karena jarak yang sudah sangat dekat tabrakan pun tak terhindarkan. Bagian depan lokomotif yang menarik tiga rangkaian kereta wisata tersebut menabrak bagian samping kiri minibus.

Sehingga mobil angkutan umum tersebut terseret beberapa meter dari lokasi kejadian. Setelah peristiwa tersebut warga yang berada di sekitar lokasi berteriak Allahuakbar dan mereka  berhamburan mendatangi minibus guna memberikan pertolongan kepada pengemudinya.

Berdasarkan informasi dari petugas Polsuska Pengamanan KA Wisata Ambaraw- Tuntang, Fian Dwi H, peristiwa ini terjadi pada pukul 15.25 WIB, di KM 36+2 tepatnya di perlintasan sebidang Jalan Losari Sawahan.

Kronologisnya, KA wisata tengah melaju dengan kecepatan rendah dari arah Stasiun Tuntang menuju Stasiun Ambarawa mulai mendekati perlintasan sebidang yang dijaga swadaya warga, di Jalan Losari Sawahan.

Saat melintas persimpangan, tiba- tiba melintas minibus Prona Mitsubishi bernomor polisi H 7406 OC yang dikemudikan Mas’ud (57), wara Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

“Tepat pada saat KA Wisata akan melintas, ada mobil nekad nyelonong melewati perlintasan, sehingga tertemper KA wisata tersebut. Bahkan warga yang menjaga perlintasan juga hampir tersambar minibus tersebut,” ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kKarena mobil minibus tidak sedang mengangkut penumpang dan pengemudinya hanya mengalami luka ringan. Setelah mobil minibus dievakuasi, KA wisata segera melanjutkan perjalanan kembali menuju Stasiun Ambarawa. “Terkait kasus ini juga telah kami laporkan ke petugas Polsek Ambarawa,” tambahnya

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA