Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Albanese Jadi PM Australia Terpilih, Pemimpin Pasifik Beri Selamat

Ahad 22 May 2022 17:46 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Reiny Dwinanda

Ketua Partai Buruh Australia Anthony Albanese terpilih sebagai perdana menteri Australia.

Ketua Partai Buruh Australia Anthony Albanese terpilih sebagai perdana menteri Australia.

Foto: EPA-EFE/DEAN LEWINS
Albanese yang merupakan ketua Partai Buruh resmi jadi PM Australia terpilih.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDNEY -- Sejumlah pemimpin negara Pasifik menyampaikan ucapan selamat kepada ketua Partai Buruh Australia Anthony Albanese atas kemenangannya dalam pemilihan umum Australia. Kepulauan Solomon memberi selamat pada Albanese dan mengatakan "banyak hal mesti dilakukan" dalam hubungan bilateral mereka dengan Australia.

Negara tetangganya di Pasifik, Fiji, juga mengucapkan selamat dan menyambut baik kebijakan iklim Partai Buruh. Albanese mengatakan dia akan dilantik sebagai perdana menteri Australia ke-31 pada Senin bersama empat anggota partai senior, meskipun perolehan suara terus dihitung.

Baca Juga

Albanese kemudian akan menghadiri pertemuan puncak Quad di Tokyo pada Selasa bersama Presiden AS Joe Biden dan perdana menteri Jepang dan India. Penandatanganan pakta pertahanan oleh Kepulauan Solomon dan China menjadi isu besar dalam pemilihan bagi PM Scott Morrison.

Para sekutu Barat khawatir perjanjian itu dapat memberi akses bagi militer China ke kawasan Pasifik. Menteri Luar Negeri China Wang Yi akan mengunjungi Kepulauan Solomon pekan ini, menurut laporan media.

Dalam pernyataan pada Ahad (22/5/2022), Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare mengatakan negaranya "tetap menjadi sahabat sejati dan mitra pilihan Australia dalam pembangunan". Kepulauan Solomon berterima kasih atas dukungan keuangan, kesehatan dan keamanan dari Australia selama bertahun-tahun, menurut Sogavare.

"Namun, masih banyak yang mesti dilakukan," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA