Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Jokowi Ingatkan Warga Jangan Pakai Uang Bansos untuk Beli Pulsa dan Rokok

Ahad 22 May 2022 15:45 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait mafia minyak goreng di Pasar Bangkal, Kabupaten Sumenep, Rabu (20/4/2022). Pada Ahad (22/5/2022), Jokowi membagikan BLT minyak goreng di Pasar Muntilan, Magelang, Jawa Tengah,

Foto:
Jokowi menyalurkan BLT minyak goreng dan bansos di Pasar Muntilan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga sudah berulang kali mengingatkan penerima bansos agar tak menggunakan dana bantuan untuk membeli rokok. Sebab, berdasarkan survei yang dilakukan Kemensos terhadap keluarga penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2021, diketahui bahwa dana bantuan paling banyak dibelikan untuk beras dan di urutan kedua untuk rokok.

"Jadi penyelesaian kemiskinan itu semakin jauh (karena uang bansos untuk beli rokok). Padahal, uang negara keluar semakin banyak," kata Risma pada akhir 2021.

Dalam penyerahan bantuan hari ini di Pasar Muntilan, Jokowi yang didampingi Risma tak hanya menyalurkan BLT minyak goreng, tapi juga bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk kelompok rentan, bantuan PKH, dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Presiden juga menyerahkan Bantuan Modal Kerja (BMK). Total bantuan yang diserahkan adalah sebesar Rp 250.222.000.

Risma mengatakan, meski ditargetkan rampung sebelum Lebaran, penyaluran BLT minyak goreng masih dilaksanakan karena banyak penerima yang pulang kampung sebelum hari raya. Penyaluran juga masih berlangsung di daerah terluar, terdepan, dan terpencil (3T).

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA