Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Pasuruan Punya Spot Wisata Olahraga Paralayang di Bukit Sempu

Ahad 22 May 2022 14:54 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

.

.

Wisata olahraga paralayanag di Bukit Sempu, Pasuruan, diresmikan.

Pasuruan - Wahana olahraga paralayang kini hadir di Kabupaten Pasuruan. TNI AU melalui Danlanud (Lapangan Udara) Abdurahman Saleh Malang, Perhutani dan Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, meresmikan arena olahraga ekstrem itu di Bukit Sempu, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi. Namanya Sempu Aero Park.

Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh Malang Marsma TNI Zulfahmi mengatakan, Sempu Areo Park adalah wahana olahraga paralayang keempat yang telah diresmikan TNI AU di Jawa Timur. Sebelumnya di Kabupaten Malang, Jember dan Banyuwangi.

Di Sempu Aero Park ini ada dua titik. Lokasi take off zone berada di perbukitan Sempu. Kemudian landing zone berada cukup jauh dari bawah Bukit Sempu, masuk wilayah Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

"Selain untuk latihan atlet paralayang dan pegiat olahraga dirgantara serta mencetak bibit atlet baru, ini juga membantu Pemkab Pasuruan dalam meningkatkan perekonomian warga di area take off zone atau masyarakat di area leanding zone kalau nantinya ramai dikunjungi wisatawan," ungkapnya, Sabtu (21/5/2022).

Wahana olahraga paralayang akan dibuka untuk umum setelah menunggu beberapa fasilitas penunjunag terpenuhi. Saat ini selain spot take off zone dan landing zone, fasilitas seperti kafe dengan beragam kuliner, lokasi penginapan, camping dan toilet telah tersedia dan cukup representatif. Pemerintahan Kabupaten Pasuruan pun berkomitmen untuk secara bertahap membantu membenahi akses jalan menuju lokasi wisata.

Para wisatawan akan dikenai tiket masuk Rp10 ribu per orang. Untuk tarif mencoba terbang paralayang, pengunjung akan dikenai biaya sekitar Rp300 ribu sampai Rp350 ribu sekali terbang dengan durasi menyesuaikan kondisi angin.

"Safetynya kami atur sampai benar-benar aman untuk paralayang. Kami tempatkan anggota TNI AU dari Dinas Potensi Dirgantara naungan Lanud Abdurrahman Saleh, untuk membantu para atlet maupun wisatawan yang ingin mencoba olahraga paralayang," tandasnya.

Sejumlah atlet paralayang dari beberapa kota di Jawa Timur hadir dalam peresmian Sempu Aero Park. Mereka terkesima dengan pemandangan lintasan pacu take off paralayang yang ada di atas perbukitan Dusun Sempu (Bukit Sempu).

"Di sini pemandangannya bagus. Di depan ada view Gunung Arjuno, permukiman warga berjajar rapi, persawahan, ada jalan tol, perbukitan di kanan kiri. Di sini udaranya sejuk karena hutannya terjaga, meskipun di sini ketinggiannya lebih rendah sedikit dari area paralayang di Kota Batu," ujar atlet paralayang dari Kabupaten Malang Ashifa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA