Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Mercedes Benz Uji Kendaraan Otonom di Australia

Ahad 22 May 2022 17:57 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Mercedes Benz

Mercedes Benz

Foto: Republika/ Wihdan
Mercedes Benz mengumpulkan data soal infastruktur dan budaya berlalu lintas.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Kendaraan otonom dinilai jadi salah satu moda transportasi yang aman, nyaman dan efisien. Sejumlah pabrikan dan sejumlah negara pun mencoba mengembangkan penerapan autonomous vehicle (AV).

Dikutip dari Drive pada Sabtu (21/5/2022), salah satu pabrikan yang sedang mengembangkan AV adalah Mercedes Benz. Saat ini, EV dari pabrikan Jerman itu pun sedang menjalani pengujian di Australia.

Baca Juga

Pengujian ini menggunakan kendaraan Mercedes Benz S-Class. Agar bisa menguji dengan menyeluruh dan optimal, pembuktian kemampuan sejumlah sensor itu dilakukan di jalanan umum di Australia.

Mercedes Benz S-Class yang telah dimodifikasi itu telah melakukan pengujian di Australia selama sekitar tiga bulan. Sejumlah modifikasi itu terlihat dari adanya beberapa sensor seperti light detection and ranging atau lidar dan radio detection and ranging atau radar yang terpasang di bagian depan, belakang dan samping kendaraan.

Pengujian ini merupakan bagian dari pengujian global yang dilakukan oleh Mercedes Benz. Uji kemampuan ini dilakukan lewat kerja sama dengan perusahaan teknologi mulitnasional dari Amerika yang bernama Nvidia.

Mercedes Benz melakukan pengujian ini di berbagai negara untuk mengumpulkan data soal infastruktur dan budaya berlalu lintas di sejumlah negara. Dengan begitu, diharapkan AV yang dihadirkan bisa berjalan dengan baik dalam kondisi apapun.

Secara keseluruhan, sensor tambahan yang diterapkan pada mobil test itu adalah 12 sensor. Beragam data yang dikumpulkan dari berbagai wilayah itu kemudian digunakan untuk menentukan pengaturan sensor dan algoritma yang berbeda-beda di tiap negara sesuai dengan kondisi faktual.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA