Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Kongres KNPI di Maluku Tunjuk Haris Pertama Sebagai Ketum

Ahad 22 May 2022 07:28 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nashih Nashrullah

Haris Pertama menjabat Ketum KNP untuk periode yang kedua kali. Haris terpilih dalam Kongres KNPI di Maluku.

Haris Pertama menjabat Ketum KNP untuk periode yang kedua kali. Haris terpilih dalam Kongres KNPI di Maluku.

Foto: dok istimewa
Haris Pertama menjabat Ketum KNP untuk periode yang kedua kali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menggelar Kongres Pemuda ke-XVI dan Panggung Rakyat di Kota Ternate, Maluku Utara. Kongres meminta Haris Pertama menjadi ketua umum kembali untuk periode kedua.

Forum sidang Kongres DPP KNPI pun digelar diarea terbuka. Seluruh peserta kongres berada di Landmark Ternate serta disaksikan oleh penduduk sekitar.

Baca Juga

"Kemenangan ini bukan milik pribadi tapi milik kita semua para pemuda indonesia," kata Haris Pertama dalam keterangan, Sabtu (22/5/2022).

Ketua Umum terpilih ,Haris Pertama mengucapkan terima kasih atas dukungan dan support dari rekan-rekan Ketua DPD dan Ketua Umum OKP Nasional yang memberikan amanah kembali. Menurutnya, ini merupakan kemenangan para pemuda indonesia.

Haris dipilih setelah tidak ada satu peserta dalam kongres yang menyatalan keberatan atas keterpilihannya. Mereka seoakat untuk kembali dipimpin Haris Pertama.

"Apakah rekan-rekan peserta sidang para Ketua DPD dan Ketua OKP Nasional sepakat menerima Haris Pertama menjadi Formatur/Ketua Umum DPP KNPI Kembali? ucap koordinator presidium sidang Muhammad Nurul Haq. "Sepakat, Haris Pertama Dua Periode," jawab para peserta sidang secara bersama.

Kepemimpinan KNPI sempat dikabarkan mencuat dualisme. Sejumlah kelompok menggelar kongres di Hultan Sultan April lalu dan memilih Muhammad Ryano Satrya Panjaitan yang secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum DPP KNPI periode 2022 - 2025. 

Terkait kongres tersebut, Haris menyatakan Kongres KNPI versi Hotel Sultan tersebut tidak sah. “Ryano Panjaitan itu pengurus KNPI yang saya pecat. Oleh karena itu, acara yang mengatasnamakan Kongres KNPI di Hotel Sultan, tidak sah,” tegas Haris saat ditanya wartawan, Ahad (10/4/2022).   

Haris menegaskan, seluruh DPD KNPI baik ditingkat provinsi maupun di kabupaten/kota dan organisasi kepemudaan (OKP) sepakat mengikuti  Kongres Pemuda KNPI XVI di Maluku Utara, pada 15-22 Mei. “Bahkan Kongres KNPI XVI akan dihadiri seluruh mantan Ketua Umum KNPI seperti Bang Akbar Tanjung, Bang Adhyaksa Dault, Bang Tjahjo Kumolo, Bang Idrus Marham, dan lain sebagainya," kata Haris.      

Sebelumnya, panggung rakyat yang diadakan oleh DPP KNPI mengusung tagline KNPI Untuk Rakyat. Selain itu, DPP KNPI juga mengadakan vaksinasi di Landmark Ternate guna mencegah oenyebaran Covid-19.    

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA