Ketua DPR Nilai RAPBN 2023 Dirancang Untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

RAPBN 2023 diharapkan dapat memulihkan ekonomi Indonesia pascacovid.

Sabtu , 21 May 2022, 21:29 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan kebijakan fiskal APBN 2023 yang tersedia dirancang untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan nasional guna mempercepat pemulihan ekonomi.

Puan pun meminta pemerintah untuk tetap mengalokasikan dana subsidi bagi warga miskin pada RAPBN 2023. Selain itu, Puan pun mendukung kebijakan APBN 2023 yang dirancang untuk mampu merespons dinamika perekonomian domestik dan global.

Kebijakan APBN tahun depan, menurut Puan, sekaligus menjawab tantangan serta mendukung pencapaian target pembangunan secara optimal. Untuk itu, Puan juga meminta dalam proses pemulihan ekonomi, tetap ada alokasi subsidi dan kompensasi untuk melindungi warga miskin. Puan menyebut, masih banyak rakyat kecil yang membutuhkan bantuan dari negara sebab pandemi Covid-19 yang berimbas pada perekonomian masyarakat masih cukup terasa.

Puan menambahkan, RAPBN 2023 juga harus meliputi program-program pengentasan angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia yang masih belum kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Selain itu, harus ada upaya agar dunia usaha bisa kembali bergeliat.

 

 

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Sumber : DPR RI