Sabtu 21 May 2022 13:01 WIB

Kembangkan Pelabuhan Bitung, OD Gandeng PT Inerco dan Rotterdam Port

Rotterdam adalah pelabuhan terbesar dan pintu masuk ekspor-impor di Eropa.

 Kembangkan Pelabuhan Bitung, OD Gandeng PT Inerco dan Rotterdam Port. Foto:  Sejumlah kapal nelayan bersandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Aertembaga, Bitung, Sulawesi Utara, Senin (1/2/2021).
Foto: Antara/Adwit B Pramono
Kembangkan Pelabuhan Bitung, OD Gandeng PT Inerco dan Rotterdam Port. Foto: Sejumlah kapal nelayan bersandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Aertembaga, Bitung, Sulawesi Utara, Senin (1/2/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Gubernur Olly Dondokambey terus melobi investor mengembangkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Khususnya Pelabuhan Bitung yang sudah diproyeksi menjadi Hub Port International.

Jumat (20/5/2022), OD menerima kedatangan CEO PT Inerco Global Int’l Hendrik Kawilarang Luntungan dan Director International Port of Rotterdam.

Baca Juga

 Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat gubernur ini membicarakan mengenai investasi membangun ‘Integrated Bitung International Hub Port and Industrial Zone’.

“PT Inerco Global International dan Rotterdam Port berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Sulut untuk melakukan penjajakan,” beber CEO PT Inerco Global Int’l Hendrik Kawilarang Luntungan.

Lanjutnya, studi kelayakan dalam tahap finalisasi, sehingga Direktur Port of Rotterdam Rene Van Der Plas datang langsung melihat lokasi di Bitung.

“Kerjasama ini dilakukan atas insiatif dan peran Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang aktif mempromosikan Sulawesi Utara di pentas dunia,” tukasnya.

Diketahui Rotterdam adalah pelabuhan terbesar dan pintu masuk ekspor-impor untuk negara-negara di Eropa.

Sementara, PT Inerco Global International dan Port of Rotterdam sudah bekerja sama selama 2 tahun dalam rangka melakukan studi kelayakan pembangunan International Hub Port Bitung yang melibatkan Konsultan terbesar dunia Pricewaterhouse Coopers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement