Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Ms. Marvel, Superhero Muslim yang Bawa Perspektif Baru di Serial Marvel

Sabtu 21 May 2022 06:54 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Sosok Ms. Marvel yang jadi superhero muslim pertama MCU.

Sosok Ms. Marvel yang jadi superhero muslim pertama MCU.

Foto: www.freepik.com.
Marvel Universe pertama kali memunculkan superhero Muslim pada 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Marvel Universe pertama kali memunculkan superhero Muslim pada 2014, melalui buku komik Ms. Marvel dengan tokoh utama bernama Kamala Khan. Superhero tersebut bakal memulai debutnya dalam serial Marvel Studios yang akan tayang perdana pada 8 Juni di Disney+ Hotstar.

"Kamala menawarkan perspektif yang jauh lebih membumi. Dia wanita muda yang kebetulan adalah orang Asia Selatan dan Muslim, tetapi juga seorang remaja yang melihat MCU (Marvel Cinematic Universe) dengan mata yang cerah dan bersemangat," kata Sana Amanat, co-executive producer dan co-creator dari karakter komik Marvel, seperti dilansir USA Today, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga

Produser sekaligus penulis eksekutif serial Ms. Marvel, Bisha K. Ali, mengatakan ingin mengambil sisi yang aneh dan magis dari komik ke dalam sebuah film sekolah menengah Amerika. Inspirasinya adalah film-film John Hughes dari tahun 1980-an, seperti 10 Things I Hate About You, Lady Bird, Eighth Grade, dan Booksmart.

Kamala Khan dalam serial Ms. Marvel diperankan oleh Iman Vellani, perempuan remaja imigran Pakistan yang memang menyukai buku komik dan segalanya tentang Marvel. Memerankan Khan mungkin seperti menjadi dirinya sendiri. Dia menganggap Tony Stark dari Robert Downey Jr. sebagai tokoh favoritnya sepanjang masa.

"Meskipun terdengar murahan, menjadi bagian dari fandom Marvel membuat Anda merasa menjadi bagian dari sesuatu, dan bukankah itu yang kita semua inginkan? Nyaman, itu yang kami tahu. Saya tidak bisa membayar pajak-pajak saya, tetapi saya telah melihat Iron Man 1 seratus juta kali," kata Vellani, aktris Kanada berusia 19 tahun itu.

Ketika pertama kali memperhatikan karakter Kamala, Vellani seperti melihat dirinya sendiri. "Ketika Anda memikirkan pembaca buku komik, Anda tidak pernah memikirkan gadis cokelat, dan saya adalah itu. Kamala hanya mewakili segala sesuatu tentang budaya kutu buku. Dia adalah fan seperti kami, itulah sebabnya kami mendukungnya ketika dia mendapatkan kekuatannya," tutur Vellani.

Dalam serial Marvel, Kamala Khan adalah Remaja Jersey City, New Jersey, yang hidupnya berubah selamanya ketika dia mendapatkan kekuatan super. Dia seorang anak sekolah menengah di Jersey City, New Jersey. Dia terinspirasi oleh orang-orang baik yang dia teladani dan mengemban peran baru sebagai pelindung kampung halamannya.

Karena masih kecil pada 2022, Kamala belajar di internet untuk menjadi pahlawan super. "Dia tidak benar-benar tahu cara bertarung, jadi dia hanya menyalin semua yang dia lihat di internet," ujar Vellani, yang telah berlatih pose supernya berusia 10 tahun.

"Jadi ketika dia mendapatkan kemampuan luar biasa, menjadi bagian dari dunia Avengers adalah kehidupan yang dia dambakan, sesederhana itu," tambah Vellani.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA