Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Ketidakadilan yang Dilakukan Israel di Palestina Harus Dihentikan

Sabtu 21 May 2022 06:47 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko

Warga Palestina memadati jalan di Jalur Gaza untuk memperingati Hari Nakba yang ke-74 tahun.

Warga Palestina memadati jalan di Jalur Gaza untuk memperingati Hari Nakba yang ke-74 tahun.

Foto: AP Photo/Adel Hana
Penjajahan Israel terhadap Palestina merupakan tanggung jawab dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjajahan Israel terhadap Palestina merupakan tanggung jawab dunia. Masyarakat internasional tak boleh tinggal diam.Lantas, bagaimana sebetulnya dukungan Indonesia dan masyarakat internasional terhadap Palestina?

Wartawati Republika, Imas Damayanti mewawancarai dosen luar biasa Universitas Airlangga asal Gaza Palestina, Dr Ahmed Mohammed Omar Al-Madani, melalui sambungan telepon, Rabu (18/5).

Baca Juga

Berikut kutipannya

Bagaimana Anda melihat sejauh ini dukungan Indonesia untuk Palestina?

Saya melihat dukungan Indo nesia kepada Palestina sangatlah baik.Sejauh ini kita lihat bantuan-bantuan dari Indonesia terus berdatangan membantu Palestina. Mulai dari obat-obatan, kebutuhan medis, pendidikan, dari hari ke hari semakin bagus. Indonesia merupakan salah satu negara yang senantiasa mendukung dan membantu Palestina.

Namun, dalam kasus penembakan jurnalis Aljazirah tempo lalu, saya belum melihat dukungan atau langkah-langkah yang digerakkan Pemerintah Indonesia. Namun, tentu saja Kedutaan Palestina di Jakarta sangat mengapresiasi dukungan-dukungan yang diberikan Indonesia kepada kami.

Namun, memang yang perlu ditekankan, dukungan-dukungan dari Indonesia terhadap Palestina saya harapkan bisa diperluas. Misalnya saja, saat Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Amerika Joe Biden, beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, saya tidak melihat bahwa isu Palestina menjadi salah satu pem bahasan yang dibicarakan di sana oleh Presiden Jokowi.

Bagaimana dukungan dunia internasional untuk Palestina?

Kita tahu bahwa Israel memiliki kekuatan yang besar sehingga mereka sangat `di atas angin' dalam menganeksasi Palestina. Dunia melihat ini. Meski demikian, kita juga mengakui bahwa dunia internasional sesungguhnya tidak tinggal diam melihat hal itu. Ini terbukti dengan datangnya bantuan dari dunia internasional.

Ya, kita memang dibantu. Ada obat-obatan yang dikirimkan, makan an, mungkin juga kebutuhan-kebutuhan harian, tapi apakah ini semua cukup untuk mendukung Palestina? Jika hanya bantuan-bantuan, seperti makanan dan obat-obatan yang diberikan, ini seperti mereka tidak melihat masalah sesungguhnya yang dialami rakyat Palestina.

Apa yang sebetulnya diinginkan Palestina?

Kemerdekaan. Bayangkan, kami sudah 15 tahun tidak ada election. Untuk itu, dukungan dunia internasional dalam menyuarakan dan menggagas solusi-solusi konkret untuk kemerdekaan Palestina sangat lah penting.

Bagaimana strategi dalam merekatkan kembali masyarakat dunia untuk memberikan dukungan terhadap Palestina?

Banyak hal yang harus dilakukan untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Negara-negara Islam, misal nya, perlu untuk bersatu menyuarakan dan memberikan solusi atas hal ini dan membicarakannya di panggung global. Amerika Serikat harus memberikan keadilan, harus memainkan politik yang mengutama kan keadilan dan kemanusiaan.Karena politik yang selama ini diperlihatkan tidak mencerminkan itu. Inilah masalahnya.

Kita lihat sekarang, seolah-olah no one can help us. There is no solution from international community for us.

Maka, saya rasa, jika dunia internasional ingin secara serius membantu dan mendukung Palestina, lakukanlah solusi-solusi yang mengarah kepada kemerdekaan dan kedaulatan Palestina. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA