Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

4 Makanan yang Harus Dikonsumi untuk Atasi Hipertensi

Sabtu 21 May 2022 02:41 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pisang yang kaya potasium dan bawang putih bisa mencegah hipertensi

Pisang yang kaya potasium dan bawang putih bisa mencegah hipertensi

Foto: Flickr
Pisang yang kaya potasium dan bawang putih bisa mencegah hipertensi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ketika tekanan darah naik ke tingkat yang tidak dapat diterima, itu dapat menyebabkan sejumlah efek samping. Beberapa yang umum adalah nyeri dada, pusing, sakit kepala, dan kebutaan dalam skenario terburuk, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan serangan jantung.  

Dilansir dari food.ndtv pada Jumat (20/5), tekanan darah tinggi atau hipertensi juga merupakan salah satu penyakit gaya hidup paling umum. Sesuai penelitian, dikatakan bahwa setiap satu dari tiga orang menderita hal yang sama.  

Meskipun tidak ada cara langsung untuk menyembuhkannya sepenuhnya, seseorang selalu dapat mengontrol tekanan darah melalui obat-obatan dan diet.  

Jika Anda ingin tahu apa saja makanan yang dapat membantu mengatasi tekanan darah. Berikut empat makanan di bawah ini : 

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan selada kaya akan kalsium, potasium, magnesium dan antioksidan. Kalium membantu ginjal membuang kelebihan natrium.  

2. Pisang

Selanjutnya pisang yang kaya akan potasium dan membantu mengatur tekanan darah. Jadi, Anda bisa makan satu pisang dalam sehari.

3. Bit

Bit tinggi oksida nitrat yang membantu membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran.  Jika Anda ingin menambahkan bit ke dalam diet Anda sangat bisa.

4. Bawang Putih 

Bawang putih adalah anti-biotik dan anti-jamur dan juga meningkatkan oksida nitrat.  Selain itu, melemaskan otot dan melebarkan pembuluh darah yang membantu mengurangi tekanan darah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA